Sukju Namul hingga Jeon, 5 'Banchan' Enak dari Korea

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 27 Mei 2020 18:30 WIB
Halaman 1 dari 6
Slices of yellow pickled daikon radish served on a plate. A healthy accompaniment to Japanese and Korean foods. Foto: Getty Images/iStockphoto/sfe-co2
Jakarta -

Jika Anda menyantap hidangan khas Korea pasti sudah tidak asing dengan banchan. Pelengkap hidangan ini memiliki jenis beragam, mulai dari sukju namul hingga jeon.

Banchan merupakan sebutan untuk hidangan pelengkap makanan khas Korea. Biasanya disajikan bersama nasi putih hangat, sup, dan lauk khas Korea lainnya. Tak lengkap rasanya tanpa banchan di atas meja makan saat menyantap hidangan khas Korea.

Hidangan pelengkap khas Korea ini biasanya terbuat dari sayuran. Ada juga yang terbuat dari ikan teri dan pancake khas Korea atau biasa disebut jeon. Jeon juga banyak macamnya, ada yang terbuat dari sayuran, sosis, ataupun daging ham.

Karena banyak jenisnya, banchan pun punya nama yang berbeda-beda. Jika Anda sering menyantap hidangan khas Korea di restoran, pasti para pelayan akan menyiapkan banchan tersebut. Banchan merupakan salah satu food service jadi disajikan secara gratis.

Berikut 5 jenis banchan, mulai dari sukju namul hingga jeon.

Baca Juga: Nyamm! Ini 5 Camilan Populer di Korea yang Cocok Jadi Oleh-oleh

(yms/adr)