Bantu Lansia di Tengah Corona, Drone Ini Kirimkan Roti dan Obat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 27 Mei 2020 15:30 WIB
Drone kirim makanan ke lansia Foto: Manna Aero
Jakarta -

Perusahaan drone ini bantu para lansia yang sulit keluar rumah saat pandemi COVID-19. Drone dipakai untuk mengirim roti, susu, sampai obat-obatan yang diresepkan.

Adalah Manna Aero, perusahaan yang bekerja sama dengan Health Service Executive untuk mengirim obat dan pasokan makanan pada orang-orang yang rentan selama masa pandemi COVID-19 di Irlandia. Drone diterbangkan ke kota kecil, Moneygall.

BBC (27/5) melaporkan tadinya drone Manna Aero akan diuji coba untuk mengirim makanan cepat saji, namun karena pandemi COVID-19 fungsinya jadi berubah membantu pemerintah. Mekanismenya, dokter akan membuat resep setelah konsultasi via video dengan pasien seperti para lansia.

Drone kirim makanan ke lansiaDrone kirim makanan ke lansia Foto: Manna Aero


Nantinya obat dikirim memakai drone, tepat ke rumah pasien. Selain obat, drone juga bisa mengirim bahan makanan pokok seperti roti dan susu untuk mereka yang tak bisa keluar rumah karena virus Corona.

Baca Juga: Canggih! Kisah-kisah Makanan yang 'Terbang' Menggunakan Drone

Salah satu lansia yang sudah mencoba layanan ini adalah Fidelma Gleeson. Ia berujar, "Saya pikir saya tidak akan pernah melihat hari dimana ada teknologi yang memungkinkan saya tidak menyetir ke kota dan kembali lagi untuk ambil obat, brilian."

Selain dari sisi pasien, para dokterpun terbantu dengan kehadiran teknologi canggih ini. "Dalam masa sulit seperti sekarang, menyenangkan bisa melihat bagaimana teknologi hadir menemani kami untuk membantu para pasien," kata Dr Colm O'Reilly.

Drone kirim makanan ke lansiaDrone kirim makanan ke lansia Foto: Manna Aero


Drone Manna Aero bisa membawa beban sampai 4 kg dengan ukuran kira-kira seperti kardus sepatu besar. "Kami tidak akan menjual burger. Kami akan membawa apa yang dibutuhkan lansia, jadi kebutuhan dasar," kata Bobby Healy selaku Chief Executive Manna Aero.

Untuk pusat pengendalian drone berada di Barack Obama Plaza, sebuah layanan jalan tol yang berganti nama pada 2011 ketika presiden Amerika Serikat itu datang ke rumah salah satu leluhurnya di Irlandia. Fasilitas itu memungkinkan drone bisa melakukan 100 pengiriman per hari.

Drone kirim makanan ke lansiaDrone kirim makanan ke lansia Foto: Manna Aero


Meski drone sepenuhnya bisa dikendalikan tanpa awak, seorang pilot tetap bertugas setiap saat untuk mengawasi. Pilot-pilot yang dipekerjakan juga merasa beruntung karena mereka kehilangan pemasukan selama pandemi COVID-19. Sementara untuk percobaan awal, Moneygall dipilih guna memvalidasi konsep pengiriman drome ke area desa.

"Ini soal membuktikan bahwa jika ada saatnya di masa depan dimana Anda perlu melakukan lockdown, dalam skala besar, drone dapat menjadi solusi yang hebat," pungkas Healy. Ia juga menjamin proses penerbangan menggunakan drone sepenuhnya aman.

Baca Juga: Ngidam Makanan China, Napi Ini Selundupkan Makanan Lewat Drone



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)