Viral di TikTok, Begini Trik Mudah Hilangkan Rasa Pahit pada Mentimun

Riska Fitria - detikFood Senin, 25 Mei 2020 17:00 WIB
- Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk
Jakarta -

Selain segar, mentimun juga memiliki bagian yang rasanya pahit. Namun, kamu bisa menghilangkan rasa pahit itu dengan trik mudah yang viral di TikTok.

Mentimun sering dijadikan lalapan karena memiliki banyak kandungan air, sehingga memberikan efek segar saat mengonsumsinya. Namun, ada juga bagian mentimun yang memiliki rasa pahit, yaitu pada bagian ujungnya.

Rasa pahit pada mentimun itu adalah hal yang wajar. Pasalnya mentimun mengandung senyawa bernama cucurbitacins yang menimbulkan rasa pahit. Namun, rasa pahit pada timun itu bisa kamu hilangkan dengan trik mudah yang viral di TikTok ini.

-- Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk

Trik mentimun itu pertama kali dibagikan oleh pengguna TikTok dengan akun bernama @BasicallyPerkfect. Dalam video singkat ia memberikan trik untuk menghilangkan rasa pahit pada mentimun.

Caranya mudah, yaitu dengan membelah pada bagian ujung timun yang memiliki rasa pahit. Kemudian kedua bagian yang terbelah itu digosokkan berputar secara perlahan. Pada proses tersebut nantinya akan mengeluarkan getah yang menggumpal di sisi-sisi mentimun.

Nah, getah-getah itulah yang menyebabkan rasa mentimun menjadi pahit, lapor Indian Express (22/05). Meski terbilang mudah, tetapi belum banyak yang mengetahui tentang trik mentimun yang satu ini.

-- Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk

Baca Juga : Makan Mentimun Bisa Cegah Bau Mulut dan Dehidrasi

Video tersebut pun langsung viral dan mendapat likes sebanyak 143 ribu. Trik mentimun ini kemudian banyak dipraktikkan oleh netizen dan menunjukkan hasilnya melalui video yang diunggah di TikTok juga.

Meskipun memiliki bagian yang pahit, tetapi mentimun ini banyak mengandung nutrisi, sehingga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaatnya.

1. Mentimun memiliki kadar air sebanyak 95 % yang membantu tubuh tetap terhidrasi dan menghilangkan racun. kandungan air yang tinggi pada mentimun bertindak sebagai pembersih sistem dan menyapu produk limbah dari sistem.

2. Mentimun kaya akan serat, kalium dan magnesium. Semua nutrisi tersebut efektif untuk menurunkan tekanan darah dan juga mengatur tekanan darah.

-- Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk

3. Kandungan kalium pada mentimun juga ampuh untuk kesehatan kulit, karena dapat mengatasi kulit kering.

4. Mentimun juga dapat mengurangi lingkaran hitam pada mata. Caranya mudah, cukup iris mentimun, lalu taruh di bagian mata selama 8 hingga 10 menit. Lakukan tips ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

5. Mentimun memiliki sifat anti inflamasi yang juga baik untuk kesehatan kulit. Caranya cukup campur jus mentimun dengan yogurt atau jus lemon dan oleskan ke kulit selama 10-15 menit setiap hari.

Baca Juga : Mentimun Itu Tergolong Jenis Sayuran atau Buah Ya?



Simak Video "Mencoba Thai Tea Kekinian, Murah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)