Wanita Ini Tewas Usai Makan Jamur Kuping Hitam yang Direndam Semalaman

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 22 Mei 2020 12:30 WIB
Black fungus. Foto: iStock
Jakarta -

Konsumsi jamur harus hati-hati karena bisa jadi berbahaya. Seperti wanita 34 tahun ini yang tewas usai makan jamur kuping hitam.

Dikutip dari Health Line (22/5), black fungus atau cloud ear fungus tergolong jamur liar yang bisa dimakan. Bentuknya menyerupai kuping dengan warna hitam yang cukup pekat. Jamur ini banyak tumbuh di China.

Jamur kuping hitam umum dipakai dalam pengobatan tradisional China selama ratusan tahun terakhir. Banyak orang China juga mengolahnya jadi sup bening usai membelinya dalam kondisi kering.

Black fungus.Black fungus. Foto: iStock

Baca Juga: Iseng Makan Jamur yang Ditemukan di Hutan, Dokter Ini Nyaris Tewas

Sebelum diolah, jamur kuping hitam perlu direndam dalam air hangat setidaknya selama 1 jam. Nantinya ukuran jamur ini akan lebih besar 3-4 kali lipat.

Tertarik memasaknya, seorang wanita di Dongguan, Provinsi Guangdong, China merendam jamur kuping hitam ini. Ia merendam dalam jumlah banyak sehingga ada jamur yang dibiarkan untuk diolah keesokan harinya.

Karena jamur terendam semalaman, ada jenis bakteri yang tumbuh di dalamnya hingga menyebabkan wanita tersebut alami efek samping usai memakannya. Ia merasa mual hingga mengeluarkan tinja berwarna hitam.

Black fungus.Black fungus. Foto: iStock

Wanita tersebut akhirnya dilarikan ke rumah sakit. Dokter mendiagnosisnya dengan penyakit gagal jantung akut. Ia lantas ditempatkan di unit perawatan intensif, namun karena biayanya mahal, wanita itu pulang ke rumah.

Keluarganya berjanji merawat wanita itu. Namun ia terlanjur mengalami berbagai kegagalan organ hingga akhirnya tewas.

Dokter kemudian menemukan adanya racun dalam darah dan urinnya yang disebut asam bongkrek. Hal ini disebabkan produksi bakteri Pseudomonas aeruginosa dalam jamur kuping hitam.

Black fungus.Black fungus. Foto: iStock

Baca Juga: Duh, Wanita Ini Tewas Usai Makan Jamur di Resto Bintang Michelin!

Para ahli sebenarnya mengungkap kalau jamur ini tidak beracun, tapi jika direndam dalam air terlalu lama, bakteri akan tumbuh.

Mereka mencatat jamur kuping hitam harus direndam dalam air dingin atau di lemari es selama sekitar satu hingga dua jam saja. Tidak boleh lebih dari empat jam, apalagi semalaman. Saat membeli, pastikan pilih yang segar, tidak lengket, bau atau berlendir.



Simak Video "Pedas Nampol Hidangan Sode Udang Khas Kutai"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)