Cerita Unik di Balik Pempek Kapal Selam yang Baru Dikenal Tahun 1970-an

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 22 Mei 2020 08:00 WIB
Pempek Foto: iStock
Jakarta -

Pempek kapal selam jadi varian pempek favorit banyak orang. Ukurannya besar dengan isian telur ayam yang gurih mantap di dalamnya.

Pempek adalah makanan khas Palembang yang terdiri dari banyak jenis. Beberapa yang populer adalah pempek kapal selam, lenjer, kulit, dan adaan. Ada juga pempek panggang, keriting, hingga pistel yang tak kalah nikmat.

Jika biasanya ukuran pempek relatif kecil atau sedang, jenis pempek kapal selam bisa dibilang yang paling beda. Pempek ini besar sehingga menyantap satu buah saja sudah bikin perut kenyang.

Pempek kapal selamPempek kapal selam Foto: Twitter @lailadimyati

Mengenai asal-usulnya, pencinta pempek Laila Dimyati melalui akun Twitter @lailadimyati mengungkap sejarah pempek kapal selam. Ternyata penamaan kapal selam baru ada sekitar tahun 1970-an.

Baca Juga: Mau Coba Pempek Kapal Selam Berwarna Hitam?

"Sebelumnya, orang Palembang menyebut kapal selam sebagai pempek telok besak," tulisnya. Pempek berisi telur besar ini berbeda dengan pempek telur yang juga populer di Palembang.

PempekPempek Foto: iStock

"Bicara kapal selam = bicara pempek telok kecik. Ada 3 pembeda antara kapal selam dan telur kecil: 1. Ukurannya, 2. Isiannya, 3. Penyajiannya," lanjut Laila. Dari segi ukuran, pempek kapal selam itu jumbo. Besarnya minimal 4 kali lipat dari pempek telur.

Untuk isian, pempek kapal selam memakai 1 telur utuh mentah. Laila menjelaskan, "Sementara isian pempek telur berupa telur kocok mentah. Inilah pembeda utama antara kapal selam dan pempek telur. Ibaratnya, kapal selam di isi telur ceplok, sementara pempek telur di isi telur dadar."

Pempek kapal selamPempek kapal selam Foto: Twitter @lailadimyati

Laila menyoroti proses mengisi telur utuh mentah ke pempek kapal selam bukanlah hal mudah. "Karena bisa saja ketebalan adonan pempek terlalu tipis hingga pecah, berantakan deh," sambungnya.

Ia juga mengatakan sekecil apapun ukuran pempek kapal selam, kalau isiannya berupa satu telur utuh mentah dengan ada kuning dan putih terpisah, maka harus disebut kapal selam.

"Adakah pempek kapal selam yang isinya telur di kocok? Ga ada. Karena ga ada artinya. Sama aja dgn makan 4 biji pempek telur kecil kan?," ujar Laila.

Pempek kapal selamPempek kapal selam Foto: Twitter @lailadimyati

Terakhir, soal penyajian, pempek kapal selam pasti digoreng. "Sementara pempek telur jauh lebih asyik dimakan sesaat setelah di rebus, tanpa di goreng. Di gerai pempek di Palembang, lazim menyajikan pempek rebus untuk lenjer kecil, telur kecil, pepaya & keriting," pungkasnya.

Baca Juga: Enaknya Bikin Sendiri Pempek Kapal Selam Mini yang Gurih Empuk



Simak Video "Menjajal Pempek dan Mie Hitam Pekat dari Lampung"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)