Lihat Serunya Keluarga di Korea Bikin Es Cendol Green Tea

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 16 Mei 2020 15:00 WIB
Keluarga Korea bikin es cendol green tea Foto: YouTube / Kimbab Family
Jakarta -

Es cendol memang salah satu minuman tradisional yang populer di Indonesia. Keluarga di Korea ini pun mencoba bikin es cendol sendiri dengan rasa green tea.

Cendol merupakan jeli tradisional yang terbuat dari tepung sagu atau tapioka. Namun ada juga yang membuatnya dari tepung hunkwe lalu diberi pewarna berupa daun suji, daun pandan, atau pewarna makanan.

Namun keluarga di Korea ini membuat cendol dengan menggunakan bubuk green tea agar warnanya hijau. Keluarga ini membagikan keseruan mereka dalam membuat cendol di channel YouTube Kimbab Family.

Keluarga Korea bikin es cendol green teaKeluarga Korea bikin es cendol green tea Foto: YouTube / Kimbab Family

Keluarga kecil di Korea ini merupakan campuran Indonesia-Korea. Dimana Gina adalah orang Indonesia dan Jay yaitu suaminya merupakan orang Korea Selatan. Mereka pernah tinggal di Bandung sebelumnya, namun sekarang telah menetap di Korea.

Baca Juga: Berani Coba? Ini 4 Makanan Khas Korea yang Tak Biasa!

Gina yang pandai memasak ini mengajak ketiga anak dan suaminya untuk membuat cendol yang resepnya ia lihat dari media sosial. Namun karena daun suji atau daun pandan susah dicari di Korea akhirnya Gina menggantinya dengan bubuk green tea.

Keluarga Korea bikin es cendol green teaKeluarga Korea bikin es cendol green tea Foto: YouTube / Kimbab Family

Gina membuatnya menggunakan tepung tapioka dan tepung beras lalu dicampurkan bubuk green tea untuk pewarna hijaunya. Lalu setelah itu Gina memanaskannya hingga adonan cendol tersebut berubah menjadi padat.

Setelah berubah menjadi padat, Gina menyiapkan saringan karena ia tidak memiliki cetakan cendol. Ia pun menekan adonan cendol tersebut hingga keluar dan memasukkan ke dalam mangkuk berisi air dan es batu.

Keluarga Korea bikin es cendol green teaKeluarga Korea bikin es cendol green tea Foto: YouTube / Kimbab Family

Namun saat itu Gina merasa kalau saringan tersebut membuat cendolnya lama dibuat. Akhirnya ia menggunakan plastik dan melubanginya sedikit. Dibantu oleh suaminya, Gina akhirnya berhasil membuat cendol green tea.

Mereka pun menikmati cendol tersebut dengan tambahan es batu, santan cair, dan cairan gula merah. Es cendol tersebut mereka nikmati sebagai takjil untuk berbuka puasa.

Baca Juga: Begini Persiapan Orang Indonesia yang Jalani Puasa di Korea!



Simak Video "Ayam Geprek dan Cake Cendol ala Escalator Coffeehouse "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)