Lebaran di Rumah Aja

Kluban hingga Pindang Tetel Jadi Menu Lebaran Favorit di Pekalongan

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 16 Mei 2020 09:00 WIB
makanan lebaran Pekalongan Foto: iStock
FOKUS BERITA Lebaran di Rumah Aja
Jakarta -

Datang dari Pekalongan, tiga menu khas lebaran ini pastinya bikin rindu kampung halaman. Ada kluban, lodeh terong, hingga pindang tetel yang rasanya maknyus!

Pandemi COVID-19 membuat banyak orang Indonesia tak bisa pulang ke kampung halaman saat momen lebaran. Biasanya sekarang ini sudah banyak yang memantau arus pergi mudik ke beberapa kota di Indonesia.

Pekalongan jadi salah satu kota yang banyak dikunjungi oleh para perantau saat lebaran tiba. Namun kali ini banyak orang Pekalongan yang tak bisa berkumpul bersama keluarga di rumah. Karena akses jalan keluar daerah ditutup untuk sementara demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Baca Juga: 5 Variasi Ketupat Nikmat, Ada Katupek Padang hingga Ketupat Palas

Jika Anda rindu kampung halaman di Pekalongan, beberapa menu khas lebaran ini bisa Anda buat di rumah. Siapa tahu dengan menikmati tiga menu ini bisa mengobati rasa rindu dengan keluarga di kampung halaman. Diantaranya ada kluban, lodeh terong, dan pindang tetel.

Berikut 3 menu lebaran favorit dari Pekalongan.

1. Kluban

Kluban merupakan salad khas Pekalongan. Makanan tersebut mirip sekali dengan urap. Terbuat dari beragam sayuran yang direbus lalu diberi parutan kelapa yang telah dibumbui serta diberikan sambal.

Rasa dari kluban ini gurih dan sedikit pedas karena terdapat sambal di dalam bumbunya. Kluban ini enak sekali jika disantap dengan nasi putih hangat. Dijamin rindu kampung halamannya sedikit terobati.

Tak hanya jadi makanan khas lebaran yang menjadi favorit orang Pekalongan, kluban juga banyak disajikan saat upacara adat ataupun pesta rakyat.

2. Lodeh Terong

makanan lebaran Pekalonganmakanan lebaran Pekalongan Foto: iStock

Sayur lodeh merupakan sajian sayur Nusantara yang dengan beragam isian. Diolah bersama santan dan bumbu rempah yang membuat rasanya gurih lezat. Di Pekalongan juga punya sajian sayur lodeh yang digemari yaitu lodeh terong.

Lodeh terong khas Pekalongan ini disajikan dengan kuah santan kental. Isiannya sudah tentu terong, lalu ada juga kacang panjang, labu siam, dan sayuran lainnya. Lodeng terong ini sangat nikmat disantap dengan nasi putih hangat.

3. Pindang Tetel

makanan lebaran Pekalonganmakanan lebaran Pekalongan Foto: Reddoorz Blog

Satu lagi makanan khas Pekalongan yang jadi favorit saat lebaran. Makanan ini dinamakan pindang tetel dan memiliki rupa yang mirip dengan soto. Bahan yang digunakan untuk membuat pindang tetel ini adalah tetelan sapi.

Lalu dimasak menggunakan bumbu berupa merica, garam, terasi, ketumbar, bawang merah, dan bawang putih. Pindang tetel ini enak disantap bersama nasi putih hangat. Tak hanya jadi sajian lebaran, pindang tetel juga banyak dijual dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga: Bebek Gulai Kurma hingga Lontong Sayur, Menu Lebaran Aceh yang Nikmat



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)
FOKUS BERITA Lebaran di Rumah Aja