Viral Eksperimen Tunjukkan Cepatnya Proses Penyebaran Virus di Restoran

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 14 Mei 2020 12:00 WIB
Proses penyebaran virus di restoran Foto: World of Buzz
Jakarta -

Video eksperimen penyebaran virus di restoran ditunjukkan apik lewat sebuah video. Terlihat virus menyebar luas dalam 30 menit saja!

Mungkin Anda pernah mendengar kalau restoran menjadi salah satu tempat potensial yang mampu menyebarkan virus dengan cepat. Hal ini ternyata benar adanya. Perusahaan nasional penyiaran Jepang, NHK menunjukkannya dalam sebuah video eksperimen.

Video 36 detik itu menggambarkan seperti apa transmisi virus di sebuah restoran prasmanan (buffet). Dikisahkan ada satu orang yang tangannya diberi cat neon sebagai perumpamaan virus. Cat neon ini hanya bisa dilihat dalam gelap.

Proses penyebaran virus di restoranProses penyebaran virus di restoran Foto: NHK

Baca Juga: 5 Hal Rasis di Restoran Ini Dipicu Oleh Isu Virus Corona

Saat eksperimen berlangsung, lampu restoran nyala seperti biasa sehingga pembawa virus dan orang-orang di sekitar tak tahu dimana saja virus akan menempel. Orang ini lalu melakukan aktivitas di restoran seperti biasa.

Si pembawa virus antre mengambil menu prasmanan. Ia menyentuh peralatan makan seperti piring, sendok saji, penjepit makanan, hingga berbagai alat makan di mejanya. Ia juga berbincang dalam jarak dekat dengan orang-orang di sekitar.

Setelah 30 menit berlalu, lampu di restoran sengaja dimatikan. Dengan lampu khusus dalam gelap, orang-orang bisa melihat jejak cat neon yang awalnya hanya di tangan pembawa virus saja.

Proses penyebaran virus di restoranProses penyebaran virus di restoran Foto: NHK

Hasilnya ternyata sangat mengejutkan. Nampak virus menyebar di seluruh penjuru restoran. Mulai dari di sendok saji, piring, gelas, sampai kertas menu yang disentuh si pembawa virus.

Lebih parah lagi, virus juga menyebar ke bagian wajah si pembawa virus. Juga menulari orang-orang di sekitarnya dengan menempel di bagian tangan sampai wajah mereka.

Baca Juga: Demi Cegah Penularan Virus Corona, Restoran Fast Food China Lakukan Ini

Proses penyebaran virus di restoranProses penyebaran virus di restoran Foto: NHK

Dikutip dari Newsweek (14/5), NHK menyebut video eksperimen yang berlangsung di kapal ini paling tidak memunculkan efek serupa di restoran prasmanan lain. Penyebaran virus bisa diminimalisir dengan mengganti sendok saji atau penjepit makanan secara berkala. Juga mencuci tangan sesering mungkin.

Hanya saja eksperimen NHK ini tak mengacu pada penyebaran virus Corona. Pasalnya virus yang tengah mewabah itu tidak ditularkan melalui sentuhan sering pada berbagai permukaan. Center for Disease Control mencatat bahwa "virus Corona diperkirakan menyebar terutama dari orang ke orang," melalui batuk, bersin atau berbicara di dekat orang lain.



Simak Video "Bikin Laper: Canadian Lobster Berlumur Saus Salted Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)