Demi Cegah Penularan Virus Corona, Restoran Fast Food China Lakukan Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 18 Feb 2020 10:00 WIB
virus corona Foto: Istimewa
Jakarta -

Virus corona masih menjadi momok bagi masyarakat China. Saat pelanggan memesan makanan, restoran fast food China melakukan hal ini agar tidak tertular.

Penyebaran virus corona masih saja terjadi di China. Karena virus tersebut membuat banyak orang menjadi korban dan mengharuskan mereka yang tidak terkena virus dikarantina.

Selama masa karantina mereka dituntut untuk tidak keluar rumah. Kalaupun harus keluar rumah, mereka dituntut memakai masker agar tetap terhindar dari virus corona. Sampai saat ini virus corona telah menyerang sebanyak 68.500 korban dan telah membunuh sebanyak 1.665 jiwa.

Walaupun saat ini warga China sudah boleh keluar untuk membeli makanan, pihak restoran memiliki cara sendiri untuk mencegah penularan virus corona. Biasanya mereka membatasi jarak antara pelanggan dengan pelayan restoran.

Demi Cegah Penularan Virus Corona, Restoran Fast Food China Lakukan IniIlustrasi Makanan Fast Food dari McDonald Foto: Istimewa

Saat itu kantin-kantin di China pun memiliki tempat duduk yang terpisah seperti sedang ujian, dan hal lainnya. Seperti dilansir dari Reuters (17/2), restoran-restoran fast food yang ada di China pun memiliki cara sendiri saat ada pelanggan yang memesan makanan pada mereka.

Baca Juga: Ini Fakta Soal 5 Makanan yang Dikaitkan dengan Penyebaran Virus Corona

Restoran fast food tersebut diantaranya McDonald's Corp, Starbucks, KFC, dan lainnya yang meningkatkan pelayanan mereka kepada pelanggan tanpa kontak secara langsung. Ini dilakukan untuk kesehatan para pekerjanya.

Terlihat dari foto yang beredar, hal ini terjadi di sebuah restoran KFC yang berlokasi di Chengdu, Sichuan, China. Dimana seorang pelanggan menunggu pesanan mereka di luar restoran. Pihak KFC di China menaruh sebuah meja di luar restoran dan meminta pelanggan untuk memesan dari sana serta menunggu pesanan mereka.

Demi Cegah Penularan Virus Corona, Restoran Fast Food China Lakukan IniFoto: Istimewa

McDonald pun melakukan hal serupa dimana pelanggan diminta untuk memesan dari jarak jauh menggunakan ponsel atau komputer setelah itu karyawan menyegel makanan yang dipesan dengan sangat rapat. Setelah itu makanan tersebut diletakkan di tempat khusus untuk nantinya diambil oleh pelanggan dan tapa ada kontak manusia secara langsung.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Warga China Dilarang Ngeteh dan Makan Dim Sum di Restoran

Lalu untuk layan antar dengan McDonald's, pengantar makanan tersebut mencuci tangan berkali-kali. Setelah itu para karyawan mereka harus memeriksakan suhu tubuh terlebih dahulu untuk membuktikan bahwa mereka tidak alami demam.

Selain itu untuk Starbucks, mereka menyarankan pelanggan memesan kopi melalui aplikasi. Lalu setelah itu mereka harus mendapatkan pemberitahuan sebelum pesanan mereka diletakkan di meja khusus yang diletakkan dekat pintu masuk Starbucks.



Simak Video "Tips Memilih dan Menyimpan Bahan Makanan Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)