5 Racikan Es Teh yang Manis Menyegarkan Untuk Berbuka

Odilia WS - detikFood Kamis, 14 Mei 2020 15:00 WIB
Racikan Es Teh Manis Foto: iStock
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat
Jakarta -

Dengan sedikit tambahan bahan dan kreasi, es teh manis bisa lebih menyegarkan. Dari buah-buahan segar, rempah hingga bijian bikin es teh rasanya lebih enak.

Selain teh manis hangat, es teh manis juga disukai banyak orang saat berbuka puasa. Es teh manis dibuat dari seduhan air teh hitam yang diberi tambahan gula pasir dan es batu. Es teh manis ini bisa dibuat beragam varian isi dan rasa.

Bahan utamanya adalah black tea atau teh hitam. Bisa memakai teh hitam daun dari berbagai merek lokal. Atau dipakai teh kantong yang lebih praktis dan mudah diseduh. Keduanya bisa dipilih sesuai selera.

Untuk membuat racikan es teh manis, buatlah air teh hitam yang pekat. Jika memakai teh daun, buat teh tubruk dari 4 sdm daun teh hitam dengan 500 ml air panas. Sedangkan untuk teh celup, bisa diseduh 4 kantong teh celup dengan 500 ml air panas.

Racikan Es Teh ManisRacikan Es Teh Manis Foto: iStock



Selanjutnya kamu tinggal berkreasi dengan padu-padan aneka isian. Selain jeruk nipis dan lemon, ada beberapa pilihan yang bisa dicoba.


1. Buah Segar

Umumnya es teh manis diperkaya dengan rasa kecut segar jeruk nipis dan jeruk lemon. Kamu bisa memanfaatkan buah lain seperti melon, beragam jenis buah beri seperti strawberry, raspberry atau blueberry. Buah mangga, semangka dan blewah juga bisa dijadikan isian.

Cara meraciknya mudah. Siapkan air teh kental, potongan buah segar sesuai selera yang dipotong kecil-kecil, sirop gula, es batu dan daun mint. Campur semua bahan jadi satu dalam jug atau picher. Tambahkan air matang secukupnya. Biarkan beberapa saat hingga dingin lalu sajikan.

Tips pilih kelapa mudaRacikan es teh manis. Foto: iStock




2. Kelapa muda, nata de coco dan lidah buaya

Rasa gurih segar daging kelapa muda dan kenyal manis nata de coco cocok dipadukan dengan es teh manis. Untuk kelapa muda, belilah kelapa muda yang masih lembut halus daging buahnya. Keruk halus daging buahnya dan tampung air kelapanya.

Nata de coco dan lidah buaya bisa dibeli dalam kemasan. Tiriskan nata de coco dan lidah buaya. Potong-potong kecil, bisa dipilih salah satu untuk isian es teh manis.

Caranya siapkan air teh hitam yang kental, tambahkan sirop gula, daging kelapa muda yang dikeruk halus atau nata de coco atau lidah buaya yang dipotong kecil. Beri es batu dan tuangkan air kelapa muda, aduk rata dan diamkan hingga dingin.

3. Bijian

Bijian yang mungil seperti biji selasih atau biji chia bisa memperkaya rasa dan tekstur es teh manis. Selain itu juga memberi manfaat sehat. Kedua bijian ini harus direndam dalam air panas hingga mengembang kemudian ditiriskan.

Siapkan air teh hitam yang kental, beri beberapa sendok biji selasih atau biji chia yang sudah direndam. Sesuaikan dengan jumlah air teh, tambahkan sirop gula, daun mint, es batu dan sedikit air matang. Diamkan hingga dingin dan sajikan.

Racikan Es Teh ManisRacikan Es Teh Manis Foto: iStock



4. Air Soda

Rasa krenyes menggigit air soda bisa memberi sensasi unik sekaligus enak di lidah. Air soda bisa memperkaya rasa es teh manis. Apalagi jika diminum dalam keadaan dingin. Ada air soda tawar dan ada juga air soda manis, pilih sesuai selera.

Untuk meraciknya, siapkan air teh hitam yang kental, irisan jeruk nipis atau jeruk lemon, es batu dan sirop gula. Jika memakai air soda manis, jangan menambahkan sirop gula lagi. Taruh semua bahan dalam jug, aduk rata dan diamkan hingga dingin.


5. Rempah

Beberapa jenis rempah bisa memperkaya rasa es teh manis sekaligus memberi manfaat sehat. Seperti jahe, serai dan kayumanis. Rempah ini bisa membantu perkuat daya tahan tubuh.

Agar rasa dan aromanya lebih terasa kuat, rebus potongan jahe, serai dan kayumanis dalam air secukupnya hingga mendidih beberapa saat. Selanjutnya saring air ini dan gunakan untuk menyeduh teh hitam daun atau teh kantong dan dinginkan.

Tuangkan air teh berempah yang sudah dingin ini dalam jug, tambahkan sirop gula, dan es batu yang dimemarkan. aduk rata dan tunggu hingga dingin kemudian sajikan.



Simak Video "Resep Berbuka Puasa: Tumis Cumi Petai "
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat