Lebaran di Rumah Aja

Uniknya Keukarah, Kue Sarang Burung Renyah Khas Aceh

Devi Setya - detikFood Kamis, 14 Mei 2020 07:00 WIB
kue keukarah Foto: istimewa
FOKUS BERITA Lebaran di Rumah Aja
Jakarta -

Aceh tidak hanya terkenal dengan hidangan lauk pauknya saja tapi juga ragam kue manis menggoda. Ada kue keukarah yang unik berbentuk mirip sarang burung.

Salah satu cemilan tradisional khas Aceh yang masih bertahan hingga kini adalah keukarah atau kue karah. Kue kering legendaris yang memiliki rasa manis ini kerap hadir saat perayaan adat ataupun saat hari raya. Tapi di hari biasa, kue keukarah dijadikan camilan ringan sambil menikmati kopi.

Sekilas, kue keukarah seperti jaring berwarna putih kecokelatan yang berlapis-lapis. Banyak yang menyebut kue ini mirip sarang burung. Keukarah berwarna coklat gelap, dengan aroma khas karamel, yang muncul dari gula pasir yang ditambahkan dalam adonan tepung beras.

kue keukarahkue keukarah Foto: istimewa


Baca juga : Kres! Garingnya Kue 'Sarang Burung' Keukarah Aceh yang Bikin Nagih


Paduan dari bahan utama tepung beras dan gula pasir membuat kue kering ini memiliki tekstur yang renyah dan bercita rasa manis. Kue keukarah sangat populer di Aceh, tak sedikit para pelancong yang menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh.

Ada dua proses proses pengolahan yang harus dilakukan saat membuat kue keukarah. Sebelum membuat adonan, lebih dahulu membuat tepung beras. Ya, tepung beras ini diolah dengan cara khusus.

Sebelum digiling, beras lebih dulu direndam selama 1 malam lalu dicuci bersih hingga airnya benar-benar jernih, lalu ditiriskan. Selanjutnya beras ditumbuk secara manual menggunakan lesung sampai benar-benar halus.

Tepung beras kemudian diayak dan dijemur hingga kering. Tepung beras halus ini kemudian baru bisa diolah jadi bahan baku untuk membuat adonan kue keukarah.

Tepung beras diencerkan dengan air dan ditambahkan gula pasir. Adonan yang telah tercampur rata lalu dimasukkan ke dalam cetakan dari batok kelapa yang berlubang-lubang. Adonan yang keluar dari lubang-lubang cetakan segera ditampung di atas minyak panas sambil terus digoyang agar membentuk jejaring yang saling bertumpuk. Proses pembuatannya menuntut kegesitan tinggi karena adonan ini mudah hangus jika terlalu lama dipanaskan.

kue keukarahkue keukarah Foto: istimewa


Kue Keukarah mudah ditemui di kios oleh-oleh khas Aceh yang ada di Banda Aceh. Keukarah juga dapat ditemukan di sekitar objek wisata sejarah seperti, Rumah Cut Nyak Dhien.

Baca juga : Kue Seupet, Semprong Khas Aceh yang Jadi Primadona Saat Lebaran


Penyajian kue ini sering dijumpai pada pesta pernikahan karena dijadikan sebagai hantaran dari pihak laki-laki kepada pihak perempuan. Selain itu menjelang hari raya atau acara adat dan Kenduri Aceh, kue ini juga tak pernah absen disajikan.

Jelang Idul Fitri seperti saat ini, kue keukarah laris manis diborong pembeli. Para pedagang kue keukarah kebanjiran pesanan karena mayoritas orang Aceh menyajikan kue ini di hari raya.




Simak Video "Berani Jajal Kue Cacing Ini?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Lebaran di Rumah Aja