Puasa 16 Jam di Prancis, Mpok Rempong Buka Puasa Pakai Pecel Ayam

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 09 Mei 2020 05:00 WIB
Mpok Rempong puasa di Prancis Foto: YouTube Mpok Rempong
Jakarta -

Mpok Rempong adalah YouTuber asal Indonesia yang menetap di Prancis. Ia jalani puasa hampir 16 jam di sana. Untuk buka puasa, Mpok Rempong tetap pilih menu Indonesia.

Mpok Rempong terkenal sebagai YouTuber kocak karena logat Betawi-nya yang kental. Nama aslinya adalah Rayi Berlian atau akrab disapa Lian. Wanita asli Depok, Jawa Barat ini tinggal di Prancis usai menikah dengan suami bulenya.

Mpok Rempong kerap mengunggah kesehariannya di YouTube, termasuk saat jalani puasa tahun ini. Durasi waktu puasa di sana ternyata mencapai hampir 16 jam.

Mpok Rempong puasa di PrancisMpok Rempong puasa di Prancis Foto: YouTube Mpok Rempong

"Imsaknya tadi di sini jam 5.14, gue bangun jam 4.30. Tadi gue makan pakai perkedel jagung sama minum. Udah itu doang. Sama makan mie dikit doang," ujar Mpok Rempong di awal video. Ibu dua anak ini berharap bisa jalani puasa sebulan penuh di negeri orang.

Video yang diunggah 26 April 2020 ini juga menunjukkan kegiatan Mpok Rempong untuk mengisi waktu. Ia belanja sedikit kebutuhan dapur di supermarket sampai menjemur pakaian.

Baca Juga: Begini Pengalaman Orang Korea dan Amerika yang Coba Puasa Seharian

Mpok Rempong puasa di PrancisMpok Rempong puasa di Prancis Foto: YouTube Mpok Rempong

Soal menu buka puasa, Mpok Rempong mengatakan tidak ada menu khusus. "Paling tambah es atau jus. Makan mah kayak biasa," ujarnya. Ia membuat nugget dan kentang goreng untuk anaknya.

Sedangkan untuk ia dan suaminya, Mpok Rempong membuat salad. "Kagak ada ayam, kita ganti pake nugget. Kita potong-potong. Salad, telur, sama nugget. Kita campurin tomat cherry. Kita masukin crouton," tambahnya.

Salad racikannya makin enak dengan keju. Untuk sausnya ia pilih caesar sauce, minyak zaitun, dan vinegar. "Kalau laki gue ga mau, dia bikin sendiri sausnya," kata Mpok Rempong.

Mpok Rempong puasa di PrancisMpok Rempong puasa di Prancis Foto: YouTube Mpok Rempong

Waktu menunjukkan sekitar pukul 20.30 saat Mpok Rempong buka puasa. "Tadi dari jam 5.14 sampai sekarang hampir 16 jam," katanya. Menurutnya saat musim semi di Prancis, malamnya semakin lama. Pasalnya langit masih terang meski sudah pukul 20.30.

Keesokan harinya, ia buka puasa pakai pecel ayam. "Sekarang bukanya pukul 20.35," kata wanita yang sudah fasih berbahasa Prancis ini. "Sekarang pembukanya melon. Menu gue hari ini pakai es teh karena gue ga begitu demen jus," ujarnya.

Mpok Rempong puasa di PrancisMpok Rempong puasa di Prancis Foto: YouTube Mpok Rempong

Untuk makannya ia sudah menyiapkan sambal, telur ceplok, ayam kecap, dan lalapan. Setelah magrib tiba, ia langsung makan melon yang manis. Disusul makan pecel ayam plus banyak sambal.

"Hmmm... Alhamdulillah Ya Allah... Gua resep nih kalau telur agak setengah matang," ujarnya dengan logat Betawi kental sambil menyuap banyak nasi hangat. Tak butuh waktu lama ia menghabiskan nasi pecel ayam di hadapannya.

Mpok Rempong puasa di PrancisMpok Rempong puasa di Prancis Foto: YouTube Mpok Rempong

"I love you full. Selamat menjalankan ibadah puasa ya semuanya," tutup Mpok Rempong. Banyak subscribernya merasa terhibur dengan video kocak dari dirinya.

Baca Juga: Puasa Sekitar 20 Jam, Bule Finlandia Ini Sahur Mie Instan Plus Cabai Bubuk



Simak Video "Cita Rasa Pecel Ayam hingga Bebek Legendaris untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)