Mau Cicip? Omelet Cacing Tanah yang Gurih dari Vietnam

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 06 Mei 2020 07:00 WIB
- Foto: Istimewa
Jakarta -

Omelet atau telur dadar merupakan makanan yang populer di dunia. Tapi kalau di Vietnam, omelet dibuat dengan puluhan cacing tanah.

Dikenal dengan nama Cha Ruoi, omelet khas Vietnam ini sekilas mirip seperti telur dadar pada umumnya bahkan bentuknya sama seperti fuyunghai. Namun isian yang digunakan bukanlah seafood atau daging melainkan cacing tanah.

Baca Juga: Hobi Makan Daging Mentah, Otak Wanita Ini Dipenuhi Cacing Hidup

-- Foto: Istimewa
- Foto: Istimewa

Makanan ini sangat populer di Vietnam terutama di kota Hanoi. Mulai dari penjual kaki lima hingga restoran, menu omelet cacing ini bisa ditemukan dengan mudah.

"Orang suka cha ruoi buatan saya karena rasanya enak, aromanya harum dan penuh dengan rasa," jelas Le Le Hang, salah satu penjual omelet cacing legendaris di Hanoi.

"Saya sudah berjualan omelet ini sejak 20 tahun lalu. Nenek saya yang mengajarkan saya cara membuat omelet dengan cacing tanah," ungkapnya dilansir dari Great Big Story (05/05).

-- Foto: Istimewa

"Awalnya saya menjual omelet cacing ini di pinggir jalan, kemudian di tahun 2007 saya membuka restoran kecil," lanjutnya.

Menurutnya yang menentukan kualitas omelet adalah cacing tanah yang digunakan. Cacing tanah diambil dari peternakan dan harus dalam keadaan hidup.

Kemudian cacing tanah yang sudah dibersihkan diberikan garam. Le Le membuat adonan omeletnya menggunakan daging babi cincang dan bawang daun lalu diaduk bersama.

-- Foto: Istimewa

Lalu Le Le menggabungkannya dengan telur, lada, serta rempah lainnya. Ketika adonan sudah rata, Le Le menuangkan cacing tanah ke dalamnya hingga menyatu dengan adonan.

Adonan yang mirip seperti bakwan ini digoreng hingga garing. Kemudian disajikan dengan salad, kecap ikan, dan menu pelengkap lainnya.

"Semua orang suka omelet cacing buatan saya. Sejujurnya karena saya bahagia dengan pekerjaan saya membuat saya sukses seperti sekarang," pungkas Le Le.

Baca Juga: Makan Empedu Ular Mentah, Paru-paru Pria Ini Dipenuhi Cacing

(sob/odi)