Cantik Warnanya, Udang Sakura Ini Legit Gurih Rasanya

Odilia WS - detikFood Senin, 04 Mei 2020 09:00 WIB
Sakura Ebi Foto: iStock
Jakarta -

Warnanya merah dadu, mungil ukurannya tetapi rasanya legit gurih. Udang berwarna unik ini berasal dari Teluk Suruga. Apa saja keunikan udang cantik ini?

Udang yang bernama sakura ebi atau udang sakura ini hanya bisa ditemui di Teluk Suruga, prefektur Shizuoka, Jepang. Sesuai dengan namanya udang ini tidak putih atau abu-abu kehitaman melainkan warnanya merah muda seperti bunga sakura.

Nama Latinnya Lucensosergia lucens dengan panjang 4-5 cm. Warna dagingnya transparan dengan semburat merah muda. Pigmen warna ini ada di mulut dan ekornya. Oleh nelayan setempat warna ini dikaitkan dengan pencairan salju yang mengalir ke teluk dari Gunung Fuji setiap musim semi.

Menurut Japan Today (3/05) tahun ini musim memancing sakura ebi telah dimulai di malam hari tanggal 14 April lalu. Malam itu berhasil ditangkap 1.910 kh sakura ebi di kota Yui, pangkalan mancing sakura ebi terbesar.

Sakura EbiSakura Ebi Foto: iStock



Jadwal memancing sakura ebi akan berlangsung hingga tanggal 5 Juni nanti. Hasil tangkapan ebi sakura dijual melalui lelang. Agar persediaan sakura ebi atau udang sakura tetap terjaga maka penangkapan ebi sakura dihentikan tanggal 16-22 April juga di hari lainnya. Musim panen sakura ebi akan berlangung lagi di bulan Oktober hingga Desember.

Selain dimakan segar, sakura ebi ini juga dikeringkan. Rasa dan aroma manis udang ini digemari banyak orang. Di saat musimnya sakura ebi sering disajikan dalam wasoku. Kecuali itu juga dimakan mentah, dibuat gorengan, dipadukan dengan salad bahkan pasta.

Sakura EbiSakura Ebi Foto: iStock



Yui, penghasil sakura ebi yang terkenal juga dipadati pengunjung lokal dan wisatawan. Mereka bisa menikmati sakura ebi sepuasnya. Terutama melihat hamparan sakura ebi berwarna merah dadu yang sedang dikeringkan dengan latar belakang Gunung Fuji.

Di musim panen sakura ebi banyak restoran di berbagai wilayah Jepang menawarkan udang cantik ini dalam menu musiman mereka. Bahkan beberapa restoran Jepang di mancanegara khusus mendatangkan sakura ebi. Rasa manis dan warna cantik udang mungil ini memang tak bisa tergantikan dengan udang jenis lain.



Simak Video "Bikin Laper: Jajal Mie Kocok Bakso dan Lotek Cihapit Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)