Kumpulkan Tumpahan Beras di Jalan, Buruh Migran: Masih Bisa Dimakan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 02 Mei 2020 07:00 WIB
Buruh migran pungut tumpahan beras Foto: Facebook YB Kasthuri Patto
Jakarta -

Buruh migran di Malaysia alami kesulitan finansial selama lockdown. Salah satunya berakhir mengumpulkan tumpahan beras di jalan untuk dimakan.

Malaysia memberlakukan aturan Movement Control Order (MCO) untuk menekan angka penyebaran COVID-19. Bagi mereka yang masih memiliki pemasukan atau tabungan, aturan ini tidak begitu berdampak. Mereka masih bisa memenuhi kebutuhan harian.

Tapi lain cerita dengan pekerja serabutan atau buruh migran. Mereka kehilangan pemasukan hingga sulit memenuhi kebutuhan diri sendiri, apalagi keluarga.

Baca Juga: Viral! Pria India Mengais Tumpahan Susu di Jalan Bersama Anjing

Buruh migran pungut tumpahan berasBuruh migran pungut tumpahan beras Foto: Facebook YB Kasthuri Patto

Salah satu bukti sulitnya buruh migran jalani hidup terlihat dari unggahan Facebook yang viral. Adalah YB Kasthuri Patto yang membagikan foto buruh migran di jalan. Terlihat buruh migran itu tengah mengumpulkan tumpahan beras di jalanan.

"Ini mencengkram hatiku. Seorang buruh migran yang tidak memiliki penghasilan, mengambil beras dari jalan. Bungkusan itu berlubang dan beras akhirnya tumpah," tulis YB Kasthuri Patto. Buruh migran itu bilang padanya, "Tak apa-apa, saya cuci. Masih bisa dimakan."

Jeff Bezos Kekayaan BerasFoto: Istimewa

Di akhir unggahannya, YB Kasthuri Patto mengingatkan kalau kelaparan 'menyerang' semua orang dengan cara yang sama. Baik buruh migran, warga lokal, orang kaya, atau orang miskin.

Unggahannya dibanjiri komentar netizen. Kebanyakan berempati dengan kesulitan yang dialami buruh migran itu. Namun ada juga yang menduga kalau YB Kasthuri Patto hanya mengunggah foto saja, tanpa memberi bantuan pada buruh migran itu. Padahal ia memberi bantuan makanan padanya.

Pria pungut beras di jalananPria pungut beras di jalanan Foto: Istimewa

Sebelumnya kisah mengais makanan juga terjadi di Thailand. Nampak seorang pria yang memakai masker berlutut di jalan raya sambil memungut beras.

Ia memungut beras tersebut dengan menyapukan kain ke jalanan. Beras yang terkumpul lantas dimasukkan ke dalam plastik di sampingnya. Pemandangan ini bikin banyak netizen merasa iba.

Baca Juga: Miris! Tak Punya Uang, Pria Ini Pungut Beras di Jalanan



Simak Video "Tak Hanya Bahan Pokok, Beras Jadi Suvenir di Italia"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)