Viral! Pria India Mengais Tumpahan Susu di Jalan Bersama Anjing

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 18 Apr 2020 13:00 WIB
Pria mengais tumpahan susu di jalan Foto: Istimewa
Jakarta -

Kisah haru datang dari Agra, India. Seorang pria miskin mengais susu yang tumpah di jalanan. Nampak ia 'bersaing' dengan anjing yang juga sedang menjilati tumpahan susu.

Kebijakan lockdown akibat COVID-19 di India membuat banyak warga miskin semakin sulit menjalani hidup. Hal ini tergambar dari sebuah unggahan video yang viral di media sosial setempat.

Dikutip dari India Today (16/4), video singkat itu memperlihatkan bagaimana kejadian nahas yang melibatkan seorang pria. Di jalanan besar yang tengah sepi, ia berusaha mengumpulkan sedikit demi sedikit tumpahan susu memakai tangannya.

Tumpahan susuTumpahan susu Foto: Istimewa

Baca Juga: Miris! Demi Berhemat, Orang Tua Beri Makan Anaknya Dari Tempat Sampah

Sebelumya seorang kurir pengantar susu mengalami kecelakaan motor hingga susu yang dibawanya tumpah di jalanan. Beberapa detik berselang, anjing-anjing jalanan langsung minum susu tersebut.

Yang mengejutkan, beberapa saat kemudian, seorang pria miskin ikut mengambil susu. Ia seolah tak peduli dengan kondisi sekitar maupun susu yang sebenarnya sudah kotor. Ia membawa wadah kecil untuk mengumpulkan susu yang diambilnya menggunakan dua tangannya.

Aksi pria mengais tumpahan susu itu direkam dua orang yang kebetulan ada di lokasi yang sama. Tak butuh waktu lama, pada malam harinya video mereka viral di media sosial.

Pria mengais tumpahan susu di jalanPria mengais tumpahan susu di jalan Foto: Istimewa

Saat pihak berwenang di wilayah setempat ditanya komentarnya soal video ini, mereka mengatakan tidak tahu menahu. Mereka hanya bilang kantor polisi terdekat memang bertanggung jawab mendistribusikan makanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Lockdown 21 hari di India memang membuat orang tak mampu di sana semakin berat jalani hidup. Mereka seolah dibiarkan tidak memiliki penghasilan serta tidak bisa mengakses kebutuhan sehari-hari.

Disebutkan lockdown akan mendorong semakin banyak orang tak mampu jatuh dalam jurang kemiskinan. Pemerintah diminta memastikan pasokan makanan gratis mampu menjangkau semua orang yang membutuhkan. Hal ini disampaikan ekonom Jean Dreze.

Setelah Lockdown Diberlakukan Secara Nasional, Situasi di India Kacau BalauSetelah Lockdown Diberlakukan Secara Nasional, Situasi di India Kacau Balau Foto: DW (News)

Ia juga memperkirakan sepersepuluh dari 1,3 miliar penduduk India sekarang memiliki ketahanan pangan yang rentan.

Sementara itu, Organisasi Perburuhan Internasional mengatakan langkah-langkah kesejahteraan seperti bantuan makanan sangat penting bagi sekitar 380 juta orang yang bekerja di sektor informal, yang mencakup semua orang mulai dari penjual sayur hingga tukang sepatu.

Baca Juga: Mahasiswa Ini Buktikan Bisa Makan Enak dan Kenyang dari Mengais Tempat Sampah



Simak Video "Permen Bola Susu, Jajanan Jadul yang Bikin Rindu"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)