Agar Tetap Bugar, Perawat Ini Bagikan Trik Makan Sahur dan Berbuka

Devi Setya - detikFood Rabu, 29 Apr 2020 03:00 WIB
Halaman 2 dari 4
sereal Foto: Istimewa


1. Pilihan makanan sahur
Perawat Rizal menyarankan untuk terus mengonsumsi buah selama bulan puasa. Buah yang mengandung banyak air akan membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain buah, konsumsi sayuran juga sangat disarankan agar asupan serat, vitamin dan mineral tetap terpenuhi.

Prinsip sahur yang kedua yaitu makanlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Mengonsumsi banyak nasi dengan harapan agar tak lapar di siang hari adalah cara yang salah. Pilihlah karbohidrat kompleks seperti gandum, ubi, kacang dan lain sebagainya. Nutrisi ini butuh waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga dapat memberikan energi maksimal dan membuat merasa kenyang lebih lama.

Konsumsi air yang cukup dan tidak berlebihan. Minum segelas air sebelum makan sahur, setengah hingga satu gelas selama sahur, dan satu hingga dua gelas setelah sahur. Tidak perlu minum terlalu banyak karena tubuh punya batas tampung seberapa banyak dia bisa menahan air di dalam tubuh. Kalau kebanyakan, elektrolit tubuh bakal larut dan kamu justru cepat merasa capek.

Baca juga : Tetap Sehat Selama Puasa dengan Ikuti 7 Tips Ini

(dvs/odi)