7 Bahan Makanan Ini Bisa Gantikan Telur dalam Resep Kue

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 26 Apr 2020 07:00 WIB
bahan buat kue Foto: Istock
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat
Jakarta -

Telur biasanya jadi komponen penting saat membuat kue. Namun jika persedian telur habis, Anda bisa menggantinya dengan bahan makanan lain. Apa saja?

Komponen terpenting untuk membuat kue biasanya terdiri dari tepung terigu, telur, susu, dan gula. Jika kehabisan telur saat membuat kue tak perlu khawatir karena bisa menggantinya dengan beberapa bahan berikut.

Dilansir dari Delish (20/4), 7 bahan makanan berikut ini bisa digunakan jika persediaan telur untuk membuat kue Anda habis. Diantaranya ada pisang yang telah dihaluskan, tahu sutera, selai kacang, yogurt, alpukat, susu kental manis, dan baking powder campur minyak.

Ketujuh bahan tersebut bisa digunakan untuk menggantikan telur dalam membuat pancake, brownies, kue pisang, dan kue lainnya. Bahan makanan tersebut akan membuat kue tetap terasa enak.

Baca Juga: Chrissy Teigen Beri Tips Bahan Pengganti untuk Resep

Berikut 7 bahan makanan yang dapat menggantikan telur.

1. Pisang yang Dihaluskan

Bahan pengganti telurBahan pengganti telur Foto: iStock

Bahan makanan pertama yang bisa menggantikan telur yaitu pisang. Pisang yang dihaluskan bisa dicampurkan ke dalam adonan pancake. Rasanya akan makin nikmat karena aroma serta rasa pisang terasa kental.

2. Tahu Sutera

Tahu sutera merupakan jenis tahu yang teksturnya sangat lembut. Saking lembutnya tahu ini seperti puding ketika disantap. Tahu sutera pun jadi salah satu bahan yang dapat menggantikan telur dalam membuat kue.

Tambahkan sekitar 55 gram tahu sutera untuk gantikan resep telur ke dalam adonanmu. Tahu sutera tersebut akan memberikan kepadatan serta kelembaban adonan. Cocok untuk brownies dan kue pisang.

3. Selai Kacang

Bahan pengganti telurBahan pengganti telur Foto: iStock

Selai kacang biasa digunakan untuk menyantap roti tawar. Selain itu selai kacang dapat digunakan untuk menggantikan telur dalam resep adonan kue. Gunakan 3 sdm selai kacang untuk memberikan rasa yang lebih kaya dan creamy pada kue.

4. Yogurt

Yogurt yang rasanya asam segar ternyata bisa digunakan untuk pengganti telur dalam adonan kue. Yogurt akan membuat rasanya tetap creamy. Bisa gunakan 55 gram yogurt untuk menggantikan telur tersebut. Cocok digunakan untuk adonan roti dan kue.

Baca Juga: Persis Asli! Vegan Ini Bagikan Resep 'Telur Ceplok' Berbahan Labu dan Tepung Beras

5. Alpukat

Bahan pengganti telurBahan pengganti telur Foto: iStock

Alpukat, buah berwarna hijau ini kerap dijadikan campuran pada makanan dan minuman. Jika dihaluskan alpukat punya tekstur yang creamy. Selain bisa gantikan telur, alpukat juga akan membuat rasanya makin kaya. Tambahkan sekitar 55 gram alpukat untuk membuat brownies.

6. Susu Kental Manis

Susu kental manis merupakan susu sapi yang airnya dihilangkan dan ditambahkan gula. Rasanya sangat manis dan creamy. Susu ini banyak digunakan dalam adonan kue, puding, topping makanan, dan campuran minuman.

Tak hanya itu saja, ternyata susu kental manis dapat menggantikan telur pada adonan kue. Bisa gunakan sekitar 55 gram susu kental manis untuk menggantikan resep telur tersebut.

7. Baking Powder Campur Minyak

Bahan pengganti telurBahan pengganti telur Foto: iStock

Baking powder jadi salah satu bahan yang banyak digunakan pada adonan kue. Baking powder ini dapat membuat adonan mengembang. Dipadukan dengan minyak sayur makan baking powder dapat menggantikan resep telur.

Gunakan sekitar 1,5 sdm minyak sayur, 1,5 sdm air, dan 1 sdm baking powder. Cocok untuk kue seperti pancake dan roll cake.



Simak Video "Ciri Telur Infertil yang Dilarang Beredar oleh Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat