Makan Jeruk dengan Kulitnya, Dokter Hewan Ini Bikin Heran Netizen

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 19 Apr 2020 06:00 WIB
Cara unik makan jeruk Foto: Istimewa
Jakarta -

Cara makan buah kembali jadi perdebatan netizen. Hal ini bermula dari unggahan TikTok seorang dokter hewan. Ia makan jeruk dalam keadaan utuh, layaknya melahap apel beserta kulit-kulitnya.

Dilansir dari BuzzFeed (16/4), dokter hewan itu bernama Dr. Jeff Smith. Ia adalah pemilik Danville Family Vet di Danville, Virginia. Lebih dari 25 tahun ia berkarir mengobati dan merawat berbagai binatang.

Baru-baru ini Dr. Jeff mencuri perhatian, bukan karena karirnya sebagai dokter hewan, melainkan karena caranya makan buah. Salah satu pegawainya merekam aksi Dr. Jeff di TikTok saat istirahat makan siang.

Cara unik makan jerukCara unik makan jeruk Foto: Istimewa

Terlihat ia mencuci jeruk utuh dengan sabun khusus makanan. Setelah itu, ia melakukan hal yang bikin pegawainya terkejut. Dr. Jeff melahap jeruk dalam keadaan utuh. Ia bahkan menggigit kulit jeruk!

"Dokter, bukan seperti itu cara kamu memakannya," kata sang pegawai. Dr. Jeff seolah tak peduli karena menurutnya memang seperti itu cara makan jeruk.

"Saya mulai makan jeruk utuh setelah membaca kalau vitamin C dan manfaat sehat jeruk ada di kulitnya. Saya tumbuh dengan cinta pada rasa kulit jeruk yang menambah kemanisan buah jeruk," jelasnya.

Menurut Healthline, kulit jeruk memang mengandung vitamin C. Konsumsi 1 sendok makan (sdm) kulit jeruk memasok 14% kebutuhan harian seseorang akan vitamin C. Jumlah ini 3 kali lipat lebih banyak dibanding vitamin C yang ada pada daging buah jeruk.

Kulit JerukKulit Jeruk Foto: Istimewa

Selain itu, konsumsi 1 sdm kulit jeruk juga baik untuk sistem pencernaan. Pasalnya memiliki kandungan serat 4 kali lebih banyak dibanding konsumsi daging buahnya.

Baca Juga: Tidak Asal Dimakan, Ini 5 Aturan Makan Buah yang Tepat

Cara makan jeruk ala Dr. Jeff viral seketika hingga sudah disaksikan lebih dari 3 juta kali di TikTok. Menurutnya banyak orang tertarik karena percakapan dalam video itu.

"Ini adalah dilema filosofis bagi sebagian orang. Siapa yang memutuskan bagaimana kamu makan jeruk? Masyarakat umum. Hal ini memunculkan debat yang lebih besar. Apakah kamu melakukan apa yang dikatakan masyarakat umum kalau itu normal atau kamu menjalani hidupmu sendiri?" ujar Dr. Jeff.

Cara unik makan jerukCara unik makan jeruk Foto: Istimewa

Melihat dari komentar-komentar di videonya, banyak netizen setuju dengan cara makan jeruk ala Dr. Jeff. Beberapa orang bahkan mengaku punya cara makan buah yang berbeda dengan kebanyakan orang. Misalnya makan kiwi juga dengan kulitnya.

"Kamu memutuskan bagaimana menjalani hidup. Jika orang berpikir kamu aneh atau berbeda, biarkan saja bergulir dan lanjutkan menjalani hidup kamu," pungkas Dr. Jeff.

cara makan nanascara makan nanas Foto: Istimewa

Sebelumnya, beredar pula cara beda memotong dan makan nanas. Pengguna TikTok bernama Dillon Roberts awalnya memotong bagian atas nanas.

Ia dengan mudah menarik setiap tonjolan dari kulit nanas lengkap dengan daging buahnya. Potongan dari kulit nanas ini sesuai dengan 'mata' nanas, mirip seperti stik keju yang memudahkan setiap orang untuk memakannya. Cara ini membuat seseorang tidak perlu bersusah payah mengupas kulit nanas atau memotongnya.

Baca Juga: Begini Nih Cara Makan Buah Nanas yang Benar dan Praktis



Simak Video "Tampak Segar Seperti Jeruk, Ternyata Ini Bakpau!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
d'Mentor
×
Trik Dapur Ngebul Hendy Setiono
Trik 'Dapur' Ngebul Hendy Setiono Selengkapnya