Food Delivery

Di Tengah Pandemi COVID-19, Penjual Pisang Lumer hingga Dim Sum Banjir Pesanan

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 17 Apr 2020 19:30 WIB
Penjual frozen food Foto: Instagram @rinies.food
Jakarta -

Permintaan makanan beku (frozen food) meningkat pesat saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini dialami oleh penjual dimsum, lauk bento, sampai camilan manis. Seperti ini kisahnya.

Pandemi COVID-19 membuat banyak orang membatasi aktivitas mereka di luar rumah. Upaya ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus Corona yang dapat membahayakan kesehatan.

Oleh sebab itu banyak orang yang tinggal di rumah dan bekerja dari rumah. Aktivitas membeli makan dan menyantap makanan di luar rumah pun dibatasi. Banyak usaha kuliner merugi karena pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia ini.

Penjual frozen foodPenjual frozen food Foto: Instagram @ovieriaa

Namun pandemi COVID-19 ternyata menjadi ladang berkah untuk para pengusaha frozen food rumahan. Banyak dari mereka yang mengalami kenaikan permintaan konsumen untuk produk frozen food.

Baca Juga: Tips Aman Pesan Makanan Via Ojol Saat COVID-19

detikFood mewawancarai para pengusaha frozen food rumahan. Mereka menawarkan dimsum, lauk bento, hingga aneka camilan manis frozen. Ketiganya kompak mengakui kalau ada lonjakan pesanan.

"Alhamdulillah meningkat selama pandemi COVID-19. Biasanya dalam sehari atau seminggu hanya masuk orderan sebanyak 2-3 pack saja. Namun sekarang kurang lebih 30 pack dimsum frozen dalam kurun waktu sebulan," ungkap Rini pemilik usaha rumahan dimsum frozen yang bisa dipesan melalui akun Instagramnya @rinies.food.

Penjual frozen foodPenjual frozen food Foto: Instagram @rinies.food

Peningkatan permintaan frozen food juga dialami pemilik usaha lauk bento dengan akun Instagram @ovieriaa. Ovieriaa menjual frozen food dengan varian aneka lauk bento, seperti egg roll, tempura, dori katsu, ekkado, hingga olahan teriyaki.

Baca Juga: Mau BBQ Komplet di Rumah? 5 Resto Ini Sediakan Paketnya

Mereka mengatakan pada tim detikFood, "Untuk penjualan alhamdulillah ramai kak. Malah semua pegawai kami kewalahan saking orderannya membludak. Awal-awal diumumkan social distancing pada panic buying. Order bisa di atas 10 pack per orangnya."

Penjual frozen foodPenjual frozen food Foto: Instagram Jajanan Ela

Penjual frozen food rumahan lainnya yaitu Sella juga kebanjiran pesanan. Ia menjual beragam camilan manis frozen, seperti sate mozarella yang diberikan balutan cokelat leleh, donat kentang, pisang lumer, hingga aneka jamu siap minum. Sella menjual camilan manis frozennya tersebut melalui aplikasi WhatsApp dan akun Instagramnya @sellaoctavia95.

Sella mengatakan pada detikFood, "Alhamdulillah sampai sekarang masih berjalan. Banyak juga pesanan dari orang sekitar rumah dan teman-teman. Jamu nya juga banyak yang pesan, awalnya stok cuma 20 botol sampai sekarang permintaannya bertambah terus."

Penjual frozen foodPenjual frozen food Foto: Instagram Jajanan Ela

Untuk menu yang paling laris dijual, Rini pemilik akun Instagram @rinies.food mengaku kalau dimsum frozen dan juga bakso cilok buatannya paling banyak dibeli. Produk buatannya semua homemade, rasanya enak, tanpa bahan pengawet, dan tentunya halal.

Untuk Ovieriaa mereka mengaku kalau produk yang paling laris adalah eggroll dan tempura udang. Sella pun mengatakan kalau sate mozzarela dengan lelehan cokelatnya banyak yang suka. Begitu juga dengan jamu siap minumnya.

Ketiganya melakukan penjualan online, mengandalkan akun media sosial. Soal pengiriman, ketiga penjual frozen food tersebut mengandalkan jasa pengiriman seperti GO-SEND, Grab-Express dan Paxel yang bisa sampai dalam satu hari pengiriman.



Simak Video " Tips Cuan Bisnis Frozen Food saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)