5 Makanan Sahur agar Kuat Puasa Seharian

Niken Widya Yunita - detikFood Jumat, 17 Apr 2020 12:30 WIB
sahur Foto: Getty Images/iStockphoto/ferozeea/5 Makanan Sahur agar Kuat Puasa Seharian
Jakarta -

Puasa tinggal menghitung hari. Dianjurkan untuk makan sahur dengan memperhatikan asupan gizinya agar kuat puasa berjam-jam.

Kamu tidak boleh berprinsip yang penting kenyang saat sahur. Karena itu perlu diketahui makanan sahur apa saja agar kita kuat dan fit selama puasa.

Dokter gizi dr Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, SpGK, kepada detikFood, menyebutkan makanan sahur agar kita kuat puasa:

1. Perhatikan Sumber Karbohidrat

dr Cindi menyebutkan saat sahur sebaiknya makanan yang dikonsumsi tetap bergizi lengkap dan seimbang. Jadi tetap ada sumber karbohidratnya. Nah supaya kenyang lebih lama, sebaiknya pilih karbohidrat kompleks misalnya roti gandum, nasi merah, dan havermut atau oatmeal.

2. Protein Rendah Lemak

Sumber protein juga perlu dikonsumsi. Sebaiknya pilih yang rendah lemak misalnya dada ayam tanpa kulit, ikan, daging sapi has dalam, telur, tahu, tempe, dan lainnya.

3. Sayur dan Buah

Makanan sahur agar kuat puasa berikutnya yakni sayur dan buah. Jangan lupakan sayur dan buah agar kebutuhan akan vitamin dan mineral juga bisa terpenuhi.

Dengan adanya serat tersebut, akan membuat kita kenyang lebih lama. Dokter yang berpraktik di RS Medistra ini juga menyarankan untuk memasak saturan berupa sup, tumis, tim, pepes, dan panggang.

4. Batasi Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng merupakan makanan favorit saat sahur. Batasi makanan yang mengandung lemak tinggi atau digoreng. Makanan yang digoreng memperlambat pengosongan lambung sehingga memicu kenaikan asam lambung. Hal ini akan menggangu puasa kita nantinya.

5. Minum 2-3 Gelas Saat Sahur

Saat sahur, kita harus minum 2-3 gelas. Hal ini untuk membantu memenuhi kebutuhan akan cairan. Penuhi kebutuhan cairan sekitar 2 liter per hari (sekitar 8 gelas). Selamat berpuasa!



Simak Video "Kunci Puasa Lancar, Ahli Gizi: Penting Makan Sahur"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com