Resep Puding Custard Karamel Praktis ala Netizen

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 14 Apr 2020 11:00 WIB
Resep puding custard karamel Foto: Twitter @precioushifa
Jakarta -

Masih bosan di rumah? Yuk, bikin puding custard ala netizen yang manis ini! Bahan-bahannya mudah ditemukan, caranya pun sangat praktis.

Puding custard karamel merupakan dessert berbahan susu, gula, dan telur yang dicampur dan dimasak hingga mengental. Setelah itu harus didinginkan agar puding custard menjadi padat dan dapat dinikmati.

Tekstur custard mirip seperti sutra yang sangat lembut. Konsistensinya terbilang mirip jeli. Biasanya puding custard ini disantap dengan tambahan saus karamel yang manis.

Resep puding custard karamelResep puding custard karamel Foto: Twitter @precioushifa

Baca Juga: Resep Puding Buah Mangga yang Segar dengan Sirup

Tak perlu bingung untuk membuatnya, karena ada netizen di Twitter yang membagikan resep resep praktis puding custard karamel. Akun @precioushifa mengunggah resepnya pada 10 April lalu dan telah disukai sebanyak 5.100 pengguna. Resepnya itu banyak diikuti netizen lain.

Wanita bernama Shifa ini mengklaim kalau puding custard buatannya ini mudah dipraktekkan. Bahan-bahannya pun pasti ada di rumah dan mudah ditemui.

Resep puding custard karamelResep puding custard karamel Foto: Twitter @precioushifa

Bahan-bahan yang digunakan:

Bahan karamel:

1. 6 sdm gula pasir
2. Air panas secukupnya

Bahan Puding:

1. 500 ml susu cair
2. 3 butir telur ayam
3. Bubuk vanili secukupnya
4. Susu kental manis, gula, dan garam (secukupnya)

Langkah-langkah untuk membuat puding custard saus karamel:

Resep puding custard karamelResep puding custard karamel Foto: Twitter @precioushifa

1. Pertama, buat saus karamel. Masukkan gula pasir dalam wajan dan masak dengan air panas. Pastikan gunakan api kecil agar tidak gosong dan pahit. Aduk hingga mencampur, setelah itu matikan kompornya.

2. Setelah itu tuang saus karamel ke loyang atau cangkir yang akan digunakan untuk mencetak puding. Pastikan bagian dasarnya terlapisi karamel.

3. Kemudian buat pudingnya. Kocok lepas 3 butir telur terlebih dahulu di wadah. Lalu panaskan susu cair, susu kental manis, gula, dan garam sesuai selera di panci.

4. Masak hingga mendidih lalu angkat dari kompor. Setelah itu masukkan susu yang telah dimasak itu ke dalam kocokan telur. Jangan lupa terus dikocok agar tidak ada yang menggumpal.

Resep puding custard karamelResep puding custard karamel Foto: Twitter @precioushifa

5. Sebelum dituang ke loyang atau cangkir, saring terlebih dahulu. Ini untuk memastikan tidak ada cairan puding yang menggumpal. Tambahkan juga bubuk vanili agar aroma telurnya berkurang.

6. Langkah selanjutnya kukus puding custard tersebut selama 30-40 menit. Matang ditandai dari teksturnya yang kenyal. Angkat dan dinginkan. Lalu masukkan ke dalam kulkas.

7. Jika sudah dingin, keluarkan puding dari loyang atau cangkir dan pindahkan ke piring saji. Puding custard saus karamel pun bisa dinikmati selagi dingin.

Baca Juga: Modal Rp 15 Ribu Bisa Bikin Es Krim Oreo Enak dan Banyak!



Simak Video "Masak Masak: Resep Puding Pandan Isi Kelapa Buat Dijadikan Takjil"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com