Gabut di Rumah, Wanita Ini Bagikan Cara Tanam Tauge di Botol Minuman

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 08 Apr 2020 12:00 WIB
Tauge Foto: Istimewa
Jakarta -

Masih dalam masa lockdown di Malaysia, wanita ini isi waktu luang di rumah dengan menanam sayuran tauge di botol minuman. Ini caranya.

Pemerintah Malaysia memperpanjang masa lockdown hingga tanggal 14 April mendatang. Selama periode ini semua warga wajib berada di rumah untuk menekan penyebaran COVID-19 di sana.

Baca Juga: Tutorial Masak Berakhir Ngenes hingga Bagikan Nasi Warteg di Pagar

TaugeTauge Foto: Istimewa

Dilansir dari Mothership (08/04), seorang wanita bernama Mee Ho Chew baru-baru ini membagikan kegiatan seru agar tidak bosan dan gabut di rumah. Lewat akun Facebook nya, Mee mengunggah cara sederhana menanam tauge selama lima hari dengan alat-alat seadanya.

Bahan-bahan yang dibutuhkannya ada kacang hijau, botol plastik bekas minuman, dan sepotong kasa untuk membalut luka.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merendam kacang hijau di dalam air selama enam jam. Kemudian tiriskan air lalu masukkan kacang hijau ke dalam botol dan tutup dengan kasa.

TaugeTauge Foto: Istimewa

Hindari menaruh botol di tempat yang terkena sinar matahari, suhu botol harus tetap lembab agar benih tauge bisa cepat tumbuh. Di malam hari kacang hijau ini harus dimasukkan air, diamkan selama enam jam kemudian ditiriskan kembali.

Setidaknya kacang hijau harus disiram sebanyak tiga kali sehari dengan air dingin selama lima hari ke depan.Di hari pertama Mee mengungkapkan bahwa kamu bisa melihat biji-biji kacang hijau yang mulai retak dan benihnya mulai keluar dari sana.

Lalu lanjutkan menyiram kacang hijau selama dua hari ke depan, dan tauge akan tumbuh serta siap dipanen di hari ke lima.

Berkat rutinnya Mee menyirami dan merawat tanaman taugenya, ia berhasil memanen sebanyak 600 gram tauge dalam waktu lima hari saja. Bahan awalnya hanya setengah sendok makan kacang hijau.

TaugeTauge Foto: Istimewa

Selain menjelaskan cara menanam tauge, ia juga mendokumentasikan perkembangan tanamannya ini setiap harinya lewat foto. Tutorial menanam sayuran tauge ini akhirnya jadi viral dan membuat banyak orang tertarik untuk menirunya.

"Tutorial yang menarik, baru tahu bisa semudah ini menanam sayuran tauge," puji seorang netizen.

"Karena unggahan ini saya jadi memiliki kesibukan di rumah yaitu menanam tauge. Semoga saya tidak gagal panen," canda netizen lainnya.

Hingga saat ini unggahan Mee di Facebook sudah dibagikan 11 ribu kali dan dipenuhi 1,3 ribu komentar.

Baca Juga: Spaghetti Tempe Marinara, Pasta Hemat dan Enak Ala 'Masak Darurat'



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)