Ini Cara Sandiaga Uno Bantu Pedagang Makanan yang Lagi Sepi

Riska Fitria - detikFood Senin, 06 Apr 2020 14:00 WIB
Sandiaga Uno Foto: Istimewa
Jakarta -

Membantu masyarakat yang penghasilannya menurun karena dampak Covid-19, Sandiaga Uno memilih membeli makanan di pedagang UMKM lewat layanan ojol.

Dampak Covid-19 memang sangat dirasakan oleh masyarakat. Khususnya yang berprofesi sebagai pedagang makanan hingga ojek online (Ojol). Semenjak karantina diberlakukan, banyak dari padagang makanan atau driver ojol yang mengaku bahwa penghasilannya menurun.

Oleh karena itu Sandiaga Uno tergerak hatinya untuk membantu mereka yang mengalami penurunan penghasilkan akibat dampak Covid-19. Melalui siaran di Instagram TVnya, pria kelahiran 1969 tersebut memperlihatkan dirinya saat membeli makanan dari pedagang UMKM melalui layanan ojol.

Sandiaga UnoSandiaga Uno Foto: Istimewa

"Sejak diberlakukannya masa darurat wabah Virus Corona di Indonesia, dan masyarakat diimbau untuk #DirumahAja, sebagian besar masyarakat Indonesia sangat merasakan dampak ekonominya, seperti pelaku usaha UMKM, ojek online, pekerja harian dan masih banyak lagi, di mana penghasilan mereka berkurang drastis," tulis Sandiaga Uno pada caption.

Dalam video berdurasi 1.45 menit itu tampak Sandiaga Uno membeli soto dari Rumah Makan Bu Awi yang sudah menjadi langganannya. Bahkan, Sandiaga Uno juga menyempatkan diri untuk menghubungi pemilik rumah makan melalui video call.

Baca Juga : Gerakan Bagi Makanan Gratis untuk Driver Ojol Bikin Netizen Terharu

Lebih lanjut, Sandiaga Uno juga menanyakan soal harga bahan baku dipasaran. Menurut Bu Awi, pemilik rumah makan, harga beberapa bahan makanan juga terkena dampak Covid-19 hingga melambung tinggi, terutama pada jahe.

Sandiaga UnoSandiaga Uno Foto: Istimewa

Dengan membeli makanan di pedagang UMKM melalui ojol, Sandiaga Uno mengatakan bahwa itu dapat membantu menambah penghasilan mereka. Seperti yang disampaikan melalui captionnya.

"Oleh karena itu saya di rumah sepakat, kebutuhan rumah tangga seperti makanan disuplai langsung dari usaha-usaha kuliner dan diantarkannya menggunakan ojek online," tulisnya.

Tak hanya Rumah Makan Bu Awi saja yang mengalami penurunan penghasilan akibat dampak Covid-19. Beberapa pedagang makanan lainnya juga menyampaikan hal yang sama melalui kolom komentar.

Sandiaga UnoSandiaga Uno Foto: Istimewa

"Iya pak saya juga pedagang kuliner berasa sekali dampaknya dengan COVID 19 ini. Sampai harus meliburkan karyawan yang bekerja. Semoga cepat pulih sebelum puasa ini ya pak, Aamiinn," tulis @ayam_petasan.

"Kayak kami yang bergerak di usaha kedai nasi, Terasa x pak. Turun omsetnya hampir 50 persen pak," tulis @yudha0402.

Mungkin cara seperti yang dilakukan oleh Sandiaga Uno bisa menjadi solusi untuk saling membantu sesama masyarakat yang terkena dampak Covid-19. Dengan cara itu bisa membantu dua pihak sekaligus.

Baca Juga : Selama WHF, Warung Ini Berikan Makanan Grais untuk Driver Ojol



Simak Video "Kejayaan Pedagang di Pasar Baru Sebelum Corona Menyerang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)