Inspiratif! Kisah Orang Tua yang Bagikan Makanan Warteg di Depan Rumah

Devi Setya - detikFood Minggu, 05 Apr 2020 12:30 WIB
bagikan makanan gratis Foto: twitter @distalbot
Jakarta -

Kebaikan kecil bisa berdampak besar bagi orang lain. Salah satunya dilakukan sepasang suami istri yang sediakan makanan gratis di depan rumahnya.

Banyak orang tergerak untuk melakukan kebaikan di tengah pandemi corona. Pemerintah menginstruksikan warga untuk berdiam diri di rumah, alhasil banyak pekerja harian yang tak memperoleh penghasilan. Sebut saja driver ojol, kurir barang, hingga warung makan yang mengalami langsung dampak dari virus corona ini.

Melihat minimnya penghasilan para pekerja harian ini, sepasang suami istri tergerak untuk membantu. Kebaikan ini dilakukan dengan menyediakan makanan gratis yang bisa diambil bagi siapapun yang membutuhkan.

bagikan makanan gratisbagikan makanan gratis Foto: twitter @distalbot


Baca juga : Gerakan Bagi Makanan Gratis Untuk Driver Ojol Bikin Netizen Terharu


Foto aksi ini diunggah oleh Adista Indri lewat media sosialnya. Adista berkisah soal orang tuanya yang sengaja membeli makanan di warteg untuk kemudian dibagikan lagi. Cara pembagiannya juga unik dan tetap mengikuti anjuran pemerintah soal social distancing.

Makanan-makanan yang dibungkus rapi kemudian ditaruh dalam kotak kardus di depan rumah. Siapapun yang membutuhkan makanan ini boleh mengambilnya secara cuma-cuma. Secarik kertas pun disematkan sebagai keterangan.

"Silakan ambil untuk siapa saja yang membutuhkan. Gratis. Kurir pengiriman paket, tukang sol sepatu, pedagang gerobak, driver ojol, dll"

Tak disangka, kebaikan yang dilakukan orangtua Adista ini mendapat respon positif dari netizen. Sejak fotonya diunggah lewat twitter pada Jumat (3/4) terlihat banyak orang melemparkan komentar.

bagikan makanan gratisbagikan makanan gratis Foto: twitter @distalbot


"Di depan rumah mama papaku. Semoga bermanfaat," tulis Adista.

Makanan yang dibagikan ini dibeli dari warteg dekat rumah orang tua Adista di bilangan Jakarta Barat. Sebungkus nasi dilengkapi lauk, sayur dan buah.

"Satu bungkus isinya: nasi, lauk telor, gorengan, sayur, dan pisang. Pisangnya nambahin sendiri, beli nasi bungkusnya di warteg komplek harganya 1 porsi 11 ribu. Jadi sekaligus bantu dua pihak: bantu warteg & yang membutuhkan di jalan, dan mulai dari yang deket-deket dulu," jelas Adista.

DetikFood sempat menghubungi Adista (4/4), ternyata ide dari aksi ini memang berasal dari orang tua Adista. "Idenya dari papa mamaku pertamanya, karna lagi kondisi wabah gini, trus liat banyak ojol, pedagang-pedagang yang sepi pelanggan. Terus beli makanannya juga rencananya mau bantuin pedagang yang di sekitar rumah, 2 hari ini beli warteg," jelas Adista lewat pesan singkat.

Perempuan ramah ini juga mengatakan selama dua hari, orang tuanya menyediakan 15 bungkus makanan. Rencananya aksi membagikan makanan gratis akan terus dilakukan. "Insya Allah kalo rejeki ada terus, kita lanjut terus. Mungkin gak sehari sekali, bisa 2 hari sekali atau 3 hari sekali," jelas Adista.

bagikan makanan gratisbagikan makanan gratis Foto: twitter @distalbot


Melihat banyak respon positif, orangtua Adista pun merasa senang dan berharap kegiatan ini bisa menginspirasi banyak orang.

"Kita malah senang, semakin banyak orang mau berbagi, maka semakin banyak orang diringankan bebannya," kata ayah Adista.

"Mama merasa ini masih hal yang kecil. baru mulai dan semua digerakkan oleh Allah SWT. Sepertinya banyak yang melakukan juga. hanya tidak terexpose. Alhamdulillah kalau semakin banyak yang berbagi," sahut ibunda Adista.

Baca juga : Selama WFH, Warung Ini Berikan Makanan Gratis untuk Driver Ojol


Di kolom komentar twitter Adista pun tak kalah ramai. Banyak yang mengapresiasi kebaikan ini seraya mendoakan keluarga Adista.

"Masyaallah semoga bermanfaat bagi orang2 yg membutuhkan yaa mbaaa dan semoga kebaikan juga datang berbalik ke mba dan sekeluargaa aamiinnn," tulis satu netizen.

Aksi kebaikan ini pun diikuti banyak orang. Terlihat ada beberapa orang yang menggantungkan mie instan di pagar rumah agar bisa diambil oleh orang yang membutuhkan. Ada juga yang menyediakan air minum di depan rumahnya. Wah, semoga semakin banyak orang yang turut saling membantu di tengah pandemi corona ini.



Simak Video "Tips Memilih dan Menyimpan Bahan Makanan Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)