5 Resep Cumi yang Gurih Enak Untuk Penambah Selera Makan

Devi Setya - detikFood Senin, 06 Apr 2020 10:30 WIB
cumi goreng Foto: Istimewa
Jakarta -

Cumi-cumi bisa jadi pilihan lauk makan nasi yang enak. Rasanya yang gurih dan tekstur kenyalnya bikin makan jadi lahap.

Mengolah cumi-cumi juga terbilang simpel. Ada dua jenis cumi yakni cumi basah dan cumi kering, keduanya bisa diolah jadi masakan enak. Yuk masak cumi jadi oseng cabai hijau, cumi saus tiram hingga nasi goreng hitam plus cumi.

1. Nasi goreng hitam tinta cumi

nasi goreng hitamnasi goreng hitam Foto: Tastemade


Resep cumi yang satu ini bisa jadi menu sarapan ataupun makan siang. Jika bosan makan nasi goreng biasa, saatnya mengolah nasi goreng dengan campuran tinta cumi. Meskipun warnanya hitam tapi nasi goreng ini punya rasa gurih legit.

Tambahkan irisan cumi agar nasi goreng makin spesial. Kalau suka pedas, nasi goreng ini juga bisa ditambah irisan cabai rawit merah. Resep nasi goreng hitam tinta cumi bisa dibuat dengan resep ini.

Baca juga : Sore Ini Enaknya Ngemil Cumi Goreng Utuh yang Renyah di Tempat Ini


2. Cumi saus tiram pedas

Delicious Cumi-Cumi masak lada hitam. squid cooked in black pepper, delicious and spicyDelicious Cumi-Cumi masak lada hitam. squid cooked in black pepper, delicious and spicy Foto: iStock


Kangen olahan seafood ala restoran? Coba saja buat di rumah. Cumi saus tiram bisa dengan mudah diolah di rumah. Rasanya juga dijamin tak kalah enak dengan racikan restoran seafood.

Saus tiram yang gurih kental makin enak kalau dimasak dengan tambahan sensasi pedas. Sajikan hangat-hangat sebagai lauk makan. Resep ini menampilkan cumi saus tiram pedas yang siap jadi santapan istimewa untuk keluarga di rumah.

3. Cumi goreng krispy

cumi gorengcumi goreng Foto: Istimewa


Olahan cumi yang satu ini terbilang klasik tapi tak pernah gagal menggoda. Cumi goreng krispi atau calamari bisa jadi lauk pelengkap makan sekaligus camilan kala mengisi waktu santai.

Untuk membuat cumi goreng krispi ini kamu membutuhkan cumi segar ukuran besar. Pilih cumi yang benar-benar segar agar teksturnya kenyal. Yuk masak cumi goreng krispi dengan resep ini. Jangan lupa sajikan dengan pelengkap saus sambal dan mayonnaise.

4. Oseng cumi asin cabai hijau

Resep cumi asinResep cumi asin Foto: detikFood


Tak kalah enak dengan cumi segar yang kenyal, jenis cumi asin juga bisa diolah jadi hidangan enak. Tak perlu repot memasaknya, cukup oseng cumi asin dengan irisan bawang merah, bawang putih dan cabai hijau.

Oseng cumi asin ini makin terasa enak jika disantap dengan nasi hangat. Masak oseng cumi asin cabai hijau dengan resep simpel ini. Dijamin jadi lupa diet dan ingin terus ngunyah.

Baca juga : Resep Cumi Goreng Tepung Super Crispy dan Tak Alot


5. Cumi pedas ungkep

Makan Siang Apa? Gimana Kalau Pakai 10  Tumis Cumi Asin Pedas Ini!Makan Siang Apa? Gimana Kalau Pakai 10 Tumis Cumi Asin Pedas Ini! Foto: Istimewa


Penggemar makanan pedas pasti suka dengan racikan cumi yang satu ini. Cumi pedas ungkep makin gurih karena diolah dengan tinta hitamnya.

Untuk menambah aroma, lengkapi cumi ungkep ini dengan daun kemangi. Harum gurih cumi pedas ungkep bisa dibuat dengan resep ini. Nikmati dengan sepiring nasi putih hangat. Sedap!




Simak Video "Bikin Laper: Kelezatan Kepiting Bumbu Pecak"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/dvs)