Baechu hingga Oi Sobagi, 5 Jenis Kimchi yang Asam Segar

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 31 Mar 2020 12:30 WIB
Halaman 1 dari 6
jenis kimchi Foto: iStock
Jakarta -

Kimchi, makanan fermentasi Korea rasanya asam pedas dan biasa disantap sebagai pelengkap makanan. Kimchi ada beragam jenis.

Beragam sayuran ya g difermentasi dengan cabai bubuk ini dikenal sejak ratusan tahun di Korea Selatan. Rasanya asam segar dan pedas disukai banyak orang. Kimchi merupakan makanan sehat bernutrisi bahkan dijuluki sebagai superfood. Dalam 100 gram kimchi mengandung 17 kalori, 7 gram karbohidrat, 3 gram serat, 39 mg kalsium, 11,7 mg vitamin C, dan sejumlah mineral lainnya.

Karena kandungan nutrisinya tinggi, kimchi memiliki manfaat sehat untuk tubuh. Diantaranya dapat melancarkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, menurunkan berat badan, hingga mengurangi risiko kanker.

Selain itu kimchi juga bisa diolah menjadi beragam hidangan. Seperti diolah menjadi kimchi jigae (sup), kimchi bokkeumbap (nasi goreng), pajeon (pancake ala Korea), dan campuran untuk bibimbap.

Jenis kimchi yang umum dikenal terbuat dari sawi putih. Dilansir dari Britannica (30/3), berikut 5 jenis kimchi dari berbagai sayuran yang menarik dicoba.

(adr/adr)