Amankah Mencuci Sayur dan Buah Pakai Sabun untuk Cegah Virus Corona?

Riska Fitria - detikFood Senin, 30 Mar 2020 15:30 WIB
mencuci sayuran Foto: istimewa
Jakarta -

Viral sebuah video yang menganjurkan untuk mencuci sayuran dengan menggunakan sabun untuk cegah virus corona. Ini kata ahli.

Menjaga kebersihan adalah cara yang paling ditekankan untuk mencegah paparan virus corona. Misalnya dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

Itu memang benar, tetapi bukan berarti semuanya dapat dicuci dengan menggunakan sabun. Seperti halnya ketika mencuci sayuran dan buah-buahan. Mencuci sayuran dan buah menggunakan sabun adalah ide yang buruk.

Itu karena partikel sabun akan menempel pada sayuran dan buah-buahan tersebut, dan memungkinkan akan terjadi masalah kesehatan jika dikonsumsi. Hal tersebut juga disampaikan oleh para ahli.

Amankah Mencuci Sayur dan Buah Pakai Sabun untuk Cegah Virus Corona?Foto: istimewa


"Kami sudah tahu selama 60 tahun bahwa ada masalah toksit atau racun tentang mengonsumsi sabun cuci piring rumah tangga," ujar Benjami Chapman, seorang Profesor dan Spesialis Keamanan Makanan di North Carolina State University.

Ia mengatakan bahwa meminum sabun cuci piring atau memakannya dapat menyebabkan mual, dan dapat menyebabkan sakit perut. Itu karena ada senyawa tertentu yang berbahaya untuk perut manusia.

Baca Juga : Cegah Virus Corona, Cuci Sayuran dan Buah dengan Cara Ini


Begitupula dengan menggunakan disinfektan untuk membersihkan makanan seperti yang disarankan oleh ahli bernama Dr. Jeffrey VanWingen dalam sebuah video.

Tanpa menggunakan sabun dan disinfektan, Chapman memberikan tips mencuci sayuran dan buah dengan menggunakan air dingin. Dengan begitu akan menghilangkan segala kemungkinan kotoran dan bakteri yang menempel pada sayuran dan buah hingga 90% - 99%.

Pastikan untuk mencuci sayuran dan buah pada air yang mengalir. Soal paparan virus corona, Chapman mengatakan bahwa hingga saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan makanan atau kemasan makanan dapat memindahkan virus corona.

Amankah Mencuci Sayur dan Buah Pakai Sabun untuk Cegah Virus Corona?Foto: istimewa


"Saran untuk mendesinfeksi itu tidak didasarkan pada ilmu apapun. Cara yang lebih baik untuk menangai bahan makanan baru adalah dengan menyimpannya dengan baik, kamudian mencuci tangan menggunakan sabun, air dan hand sanitizer," ujar Chapman.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Donald Schaffnerr, seorang spesialis Ilmu Makanan sekaligus profesor terkemuka di Rutgers University in New Jersey. Bahkan Departemen Pertanian Amerika Serikat USDA juga tidak menyarankan mencuci sayuran dan buah dengan sabun.

"Konsumen tidak boleh mencuci buah dan sayuran dengan deterjen atau sabun. Produk sabun atau deterjen itu tidak disetujui atau dilabeli oleh Food and Drug Aminstration (FDA) untuk digunakan pada makanan," ujar USDA.

Baca Juga : Ini Sebabnya Buah dan Sayur Harus Dicuci Sebelum Dimakan



Simak Video "Cegah Haus saat Puasa, Konsumsi Makanan Ini saat Sahur dan Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)