Cara Membuat Tahu Gejrot Rumahan untuk Camilan

Puti Yasmin - detikFood Sabtu, 28 Mar 2020 13:00 WIB
tahu gejrot Cara Membuat Tahu Gejrot/Foto: Istimewa
Jakarta -

Ada banyak makanan berbahan dasar tahu yang bisa dibuat, misalnya tahu gejrot. Makanan ini juga menjadi salah satu camilan favorit yang mudah dibuat di rumah.

Resep tahu gejrot memiliki banyak variasi, misalnya khas Semarang, Purwokerto, Jogja, hingga Cirebon. Namun, kamu bisa menyesuaikan resep sesuai selera ya.

Cara Membuat Tahu GejrotCara Membuat Tahu Gejrot/Foto: Istimewa

Cara membuat tahu gejrot rumahan:

Pertama-tama siapkan 10 tahu putih khas Sumedang. Kemudian, potong tahu menjadi ukuran yang lebih kecil sesuai dengan selera dan masak hingga kering kecokelatan. Tiriskan.

Siapkan bahan untuk membuat kuah tahu gejrot. Masukkan satu sendok makan kecap manis ke dalam panci, satu sendok kecap asin, dua sendok air asam jawa, dan tiga sendok makan gula merah yang telah diiris tipis.

Masak semua bahan hingga air mendidih. Selanjutnya siapkan bumbu halus sebagai pelengkap, yakni empat butir bawang merah, dua siung bawang putih, enam buah cabai rawit dan satu sendok teh garam.

Ulek kasar bumbu dan tambahkan tiga sendok minyak panas. Jika semua bahan telah selesai dilakukan, siapkan cobek dan masukkan tahu ke dalam cobek dengan bumbu halus.

Cara membuat tahu gerjrot terakhir dengan mencampur secara merata dan siram tahu dengan kuah yang telah dibuat. Santap tahu gejrot hangat-hangat untuk menambah kenikmatan.

Cara Membuat Tahu GejrotCara Membuat Tahu Gejrot Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Bahan Utama:

10 buah tahu Sumedang
1 sendok makan kecap manis
3 sendok makan gula jawa
2 sendok makan air asam jawa
1 sendok makan kecap asin
3 sendok makan minyak panas

Bumbu Halus:

6 buah cabai rawit
2 siung bawang putih
4 butir bawang merah
1 sendok teh garam


Selamat mencoba cara membuat tahu gejrot!



Simak Video "Rahasia Kenikmatan Tahu Gejrot Bang Jack"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)