Kreatif! Ibu Ini Buka 'Warung' Untuk Batasi Jajan Anak Saat Karantina di Rumah

Devi Setya - detikFood Jumat, 27 Mar 2020 10:30 WIB
warung dadakan Foto: Facebook
Jakarta -

Salah satu yang wajib disiapkan para ibu ketika melakukan isolasi diri adalah menyiapkan jajanan dan camilan untuk anak. Tapi karena setiap hari di rumah maka jajanan cepat habis.

Kumpul di rumah bersama anak memang jadi kegiatan menyenangkan. Hampir seluruh negara memerintahkan warganya untuk melakukan isolasi diri di rumah untuk mengurangi penyebaran virus corona yang semakin 'ganas'.

Selama masa isolasi diri, seluruh anggota keluarga harus berdiam diri di rumah. Selain makanan pokok, tentu saja harus ada persediaan jajanan dan camilan. Terlebih ketika di rumah ada anak- anak yang hobinya ngemil saat bosan melakukan satu aktivitas.

Kreatif! Ibu Ini Buka 'Warung' Untuk Batasi Jajan Anak Saat Karantina di RumahFoto: Facebook


Baca juga : Jangan Nimbun Makanan! Ini 5 Tips Simpan Stok Makanan Agar Tetap Segar


Yang membuat makin pusing adalah saat stok jajanan di rumah sudah menipis padahal masa isolasi diri masih belum jelas kapan berakhir. Seorang ibu asal Indonesia yang tinggal di Azerbaijan memiliki trik unik untuk membatasi konsumsi camilan anak-anaknya. Ia pun membuat warung dadakan agar anaknya bisa ngemil jajanan secara terkontrol.

Lewat akun Facebooknya Ling Ling Wibowo menunjukkan gambaran warung dadakan sekaligus cara kerjanya. Di rumahnya yang berlokasi di kota Baku, Azerbaijan, ia membuat kotak sederhana yang kemudian ia jadikan tempat untuk menyimpan berbagai jenis jajanan kemasan.

"Salah satu tantangan ketika anak-anak menjalani self isolation adalah cepat menipisnya cadangan makanan dan cemilan," tulis Ling Ling.

Kreatif! Ibu Ini Buka 'Warung' Untuk Batasi Jajan Anak Saat Karantina di RumahFoto: Facebook


Meskipun ditata secara terbuka, anak-anak tidak bisa menyantap semua jajanan ini sesuka hati. Mereka harus 'membeli' makanan ini seperti ketika jajan di warung. Ya, Ling Ling sengaja menetapkan harga untuk setiap jenis jajanan. Ia juga membuatkan uang mainan yang akan dibagikan ke anaknya sebagai alat pembayaran.

Ling Ling mengatakan anak-anak yang tidak bisa berhenti ngemil saat masa isolasi diri ini kadang membuat dirinya bingung dan stress. "The children won't stop craving for snacks during self isolation and social distancing. And it is a bit frustrated. Sampai akhirnya menemukan ide mamak-mamak di belahan bumi sana yang juga mengalami hal serupa sebagai solusi menghemat cadangan cemilan," lanjut Ling Ling.

Dengan cara ini, tentu anak secara tidak langsung akan membatasi konsumsi jajanan sesuai dengan uang yang ia punya. Ling Ling menerapkan harga berbeda pada jenis makanan tertentu.

Warung dadakan yang diberi nama "Momdomart" ini menyediakan aneka jajanan seperti susu kemasan, aneka biskuit, cokelat, jus kemasan, snack chiki hingga mie instan. Anak-anak bisa memilih jenis jajanan sesuai uang yang mereka miliki. Tapi ada juga jajanan yang gratis alias bisa dinikmati tanpa mengeluarkan uang.

Kreatif! Ibu Ini Buka 'Warung' Untuk Batasi Jajan Anak Saat Karantina di RumahFoto: Facebook


Untuk mendapatkan uang ini, anak-anak bisa melakukan berbagai aktivitas mulai dari membaca, membersihkan rumah, belajar, menyapu hingga membantu mencuci. Setiap kegiatan memiliki nilai uang berbeda. Uang inilah yang harus dikumpulkan untuk mendapat jajanan. Jadi anak tetap melakukan aktivitas di rumah.

Sama seperti warung pada umumnya, di warung Momdomart ini juga ada jam operasionalnya yakni mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore. Di luar jam operasional warung, anak-anak tidak boleh lagi jajan alias harus menunggu hingga hari berikutnya.

Baca juga : Stok Makanan Sehat untuk Karantina Corona Rekomendasi Ahli Gizi


Ternyata ide ini cukup efektif, karena anak juga dilatih untuk bertanggung jawab dan disiplin. Ibu pun tidak perlu lagi kewalahan karena jajanan di rumah cepat habis. Alhasil setelah dibagikan lewat Facebook, banyak ibu-ibu lain yang juga terinspirasi dan ingin mencontohnya.

"Patut ditiru ini, anak saya setiap hari kerjanya buka tutup kulkas terus," kata satu netizen.

"Mba Ling, saya mau ikutan ah, biar anak-anak semangat belajar," sahut netizen yang juga ingin mencontoh cara ini.



Simak Video "Camilan Bola Ikan Renyah Temani Akhir Pekan Si Kecil"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)