Masak di Rumah Aja

'Meal Prep' Jadi Menu Andalan Chef Yuda Bustara Saat Masak di Rumah

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 26 Mar 2020 07:30 WIB
Yuda Bustara Foto: Instagram @yudabustara
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja
Jakarta -

Celebrity Chef Yuda Bustara punya menu andalan saat masak di rumah. Ia menggunakan konsep 'meal prep' yang praktis dan bisa bertahan selama beberapa hari.

Sama seperti chef lainnya, Chef Yuda juga mendorong orang-orang untuk tetap berada di rumah dan mengisi waktu luang dengan bereksperimen di dapur. Aktif di sosial media chef muda ini rajin mengunggah menu makanan praktis untuk para followersnya.

Baca Juga: Bingung Masak Apa? Intip Menu Makanan Praktis dari Chef Steby Rafael

"Sebenarnya di situasi sekarang ini kita sudah seharusnya masak di rumah. Karena sekarang juga banyak restoran atau tempat makan yang sudah tutup," jelas Chef Yuda ketika dihubungi detikFood (25/03).

'Meal Prep' Jadi Menu Andalan Chef Yuda Bustara Saat Masak di RumahFoto: Istimewa

"Saya sering masak di rumah karena saya juga rutin buat konten masak di YouTube. Jadi di tengah wabah virus yang sangat mengganggu ini, masak di rumah bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktu luang dan kesehatan makanan lebih terjamin," lanjutnya.

Untuk menu andalannya ia tengah mengenalkan konsep 'Meal Prep' atau meal preparation. Memasak makanan dalam jumlah banyak kemudian dibagi dalam porsi dan wadah terpisah untuk dihangatkan selama beberapa hari ke depan.

"Jadi saya menggunakan konsep meal prep ini. Cukup kita masak satu hari kemudian setelah itu makanan disimpan di kulkas dalam wadah kedap udara, nanti tinggal dihangatkan sebentar dan bisa langsung dimakan. Jadi tidak perlu 'panic buying' atau membeli stok makanan berlebihan. Itu yang sedang saya ajarkan kepada orang-orang selama masa karantina di rumah," ungkapnya.

Selain itu menurutnya konsep meal prep ini lebih praktis karena orang-orang tidak perlu repot masak setiap hari.

"Yang dibutuhkan hanya wadah kedap udara atau food container, kemudian makanan kita masak setengah matang. Setelah itu kita simpan ke kulkas. Saat makanan dipanaskan bisa lanjut proses pematangan jadi rasa makanan tetap fresh," tuturnya.

'Meal Prep' Jadi Menu Andalan Chef Yuda Bustara Saat Masak di RumahFoto: Instagram @yudabustara

Chef Yuda mengungkapkan bahwa makanan-makanan yang disiapkan dengan konsep meal prep ini bisa bertahan selama dua minggu hingga satu bulan jika disimpan dengan benar.

Semua makanan bisa diolah dengan konsep meal prep. Misalnya menu nasi ayam Hainan ala rumahan yang direkomendasikan Chef Yuda.

"Kalau yang sangat sederhana ada menu ayam Hainan. Di sana kita bisa pakai potongan dada ayam, nasi merah, dan sayur-sayuran. Bisa juga masak pasta, ikan goreng, atau sayur asem juga bisa itu pakai konsep meal prep," ucapnya.

'Meal Prep' Jadi Menu Andalan Chef Yuda Bustara Saat Masak di RumahMeal Prep by Chef Yuda Bustara. Foto: Instagram @yudabustara

Ia juga membagikan tips praktis bagi pemula yang mau belajar masak di rumah.

"Sekarang untuk belajar masak di rumah saya rasa gampang sekali ya. Banyak sekali konten belajar masak di YouTube yang bisa ditiru, di internet juga banyak resep makanan. Jadi setelah masa karantina ini berakhir kita bisa memiliki hobi baru bahkan usaha baru," pungkasnya.

Untuk resep ayam Hainan dan resep makanan rumah lainnya bisa langsung berkunjung ke kanal YouTubenya 'Yuda Bustara'. Atau Instagramnya @yudabustara.

Baca Juga: Yuk, Intip 10 Gaya Keren Yuda Bustara Saat Beraksi di Dapur!



Simak Video "Resep Berbuka Puasa: Tumis Cumi Petai "
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja