Masak di Rumah Aja

Bingung Masak Apa? Intip Menu Makanan Praktis dari Chef Steby Rafael

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 24 Mar 2020 19:00 WIB
Chef steby Rafael Foto: Instagram @standbysteby
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja
Jakarta -

Memasak bisa mengisi waktu luang selama di rumah. Chef Steby Rafael bagikan tips praktis masak di rumah tanpa repot.

Mendorong gerakan #DiRumahAja, Chef Steby rutin mengunggah resep-resep makanan rumahan praktis di Instagramnya untuk para followersnya. Celebrity chef asal Lampung ini mengungkapkan bahwa masak di rumah jauh lebih terjamin kebersihan dan kualitasnya di situasi sekarang.

"Ide awal mengapa saya rutin mengunggah resep masakan praktis di Instagram itu karena sekarang kan kita lagi 'Social Distancing'. Banyak orang kantoran yang di rumah dan banyak restoran yang sudah tutup," jelas Chef Steby ketika dihubungi detikFood (24/03).

Baca Juga: Lewat Bermusik, Chef Steby Justru Temukan Kecintaan pada Kuliner

Bingung Masak Apa? Intip Menu Makanan Praktis dari Chef Steby RafaelFoto: Instagram @standbysteby

"Tapi kebanyakan orang kalau di rumah justru malas masak. Jadi pasti makanan yang dibuat tidak jauh dari mie instan, atau porsi nasinya lebih banyak, hingga gorengan. Makanan-makanan yang kurang sehat ini justru yang membuat daya tahan tubuh menjadi menurun," lanjutnya.

Chef Steby pun memberikan saran makanan rumahan apa saja yang selain enak dan mudah dibuat tapi juga bernutrisi.

"Jadi saran dari saya itu bisa buat makanan yang berkuah hangat. Misalnya seperti sop buntut, di tengah wabah seperti ini kita dianjurkan untuk sering mengonsumsi air hangat bisa lewat makanan berkuah. Di dalam sop buntut itu lengkap ada proteinnya, sayuran, hingga kandungan lemaknya," tuturnya.

Ia juga menekankan pentingnya makanan sehat yang seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh dan terhindar dari virus corona hingga penyakit lainnya.

Bingung Masak Apa? Intip Menu Makanan Praktis dari Chef Steby RafaelSop Buntut ala Chef Steby. Foto: Instagram @standbysteby

"Sebenarnya makanan apa saja boleh dimasak di rumah asal lebih ke makanan sehat. Makanan sehat di sini tidak harus salad ya, yang penting makanannya seimbang. Jadi dalam satu sajian itu harus ada kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral," jelas Chef Steby lebih lanjut.

Takaran karbohidrat dalam satu makanan dianjurkan jangan terlalu banyak dan bisa lebih fokus ke protein. Protein ini berguna untuk membantu regenerasi sel sehingga membuat tubuh lebih fit.

Selain sop buntut dan sop ayam, Chef Steby juga menyarankan menu rumahan yang praktis seperti tumisan. Tumisan ini terbilang mudah untuk dibuat terutama bagi orang-orang yang baru belajar masak di rumah.

"Tumisan itu salah satu masakan yang tidak terlalu ribet dan juga cepat dibuatnya. Terutama tumisan sayur ya, lebih baik masak dalam porsi sedikit yang penting habis. Karena kalau masak dalam jumlah banyak dan makanan itu kita simpan, kandungan nutrisinya ini jadi berkurang jadi kita seperti makan ampasnya saja," saran Chef Steby.

Bingung Masak Apa? Intip Menu Makanan Praktis dari Chef Steby RafaelTumis Brokoli ala Chef Steby. Foto: Instagram @standbysteby

Sementara itu untuk persediaan makanan, Chef Steby menyarankan jangan terlalu banyak membeli bahan makanan.

Bisa siapkan lebih dulu daftar belanja untuk persediaan selama seminggu ke depan, setelah membuat daftar belanja dengan rinci baru pergi ke pasar atau supermarket agar waktu belanja lebih ringkas.

"Saya menyarankan untuk belanja di pasar tradisional, karena di sana udaranya terbuka dan ada sinar matahari jadi bisa untuk mencegah virus. Tapi yang terpenting siapkan masker hingga hand sanitizer ketika pergi keluar rumah. Setelah pulang belanja langsung mandi agar virus tidak menempel," pungkasnya.

Nah bagi yang penasaran dengan resep rumahan ala Chef Steby bisa langsung cek Instagramnya @standbysteby.

Baca Juga: Ternyata Kang Emil Suka Makanan Sederhana Ini



Simak Video "Resep Sapo Tahu"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja