Masak di Rumah Aja

Resep Udang Goreng Tepung yang Gurih Renyah

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 25 Mar 2020 09:00 WIB
Resep udang goreng tepung Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja
Jakarta -

Kalau mau bikin udang goreng tepung enak dan renyah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari pemilihan udang hingga cara menggorengnya.

Udang goreng tepung bisa jadi lauk enak untuk kamu sajikan di rumah. Rasanya gurih dan teksturnya yang renyah bakal jadi menu favorit saat kumpul keluarga.

Cara membuat lauk berbahan dasar udang segar, tepung, serta sejumlah bumbu ini sangat mudah. Berikut ini bahan dan langkah-langkah pembuatannya.

Baca Juga: 5 Resep Camilan untuk Si Kecil, Ada Chicken Popcorn hingga Bakso Ayam Kriuk

1. Jenis Udang

Resep Udang Goreng Tepung yang Gurih Renyah Foto: Istimewa

Udang yang cocok untuk digoreng dengan balutan tepung adalah udang windu atau jerbung yang berukuran besar. Pilih udang yang segar dan bagus kualitasnya.

Biasanya udang yang segar aromanya tidak amis, kulitnya masih lengket dan kepala masih melekat pada tubuh udang. Jika udang sudah agak terkelupas kulitnya atau kepalanya lepas sebaiknya tak usah dipilih.

2. Bersihkan udang

Resep Udang Goreng Tepung yang Gurih Renyah Foto: Istimewa

Buang kepala udang lalu kupas kulitnya tetapi sisakan ekornya agar lebih cantik tampilannya saat digoreng. Buang kotoran yang ada dipunggung udang.

Caranya sayat tipis bagian punggungnya menggunakan ujung pisau dan keluarkan kotorannya. Bisa juga menggunakan tusuk gigi yang ditusukkan ke punggung udang. Cuci bersih udang lalu tiriskan.

3. Sayat udang

Resep Udang Goreng Tepung yang Gurih Renyah Foto: Istimewa

Saat digoreng udang biasanya akan melengkung mengikut bentuk dagingnya. Jika ingin bentuknya lurus seperti tempura udang atau ebi furai bisa disiasati.

Taruh udang di talenan. Kerat beberapa bagian di bagian bawahnya. Kemudian tekan hingga daging udang lurus. Jika dilapisi adonan tepung dan digoreng udang akan lurus bentuknya.

Bisa juga udang dibelah punggungnya hingga saat digoreng akan melebar bentuknya. Sayat punggung udang tetapi jangan sampai putus kemudian tekan sedikit dengan jari hingga melebar.

Baca Juga: Mau Bikin Sambal Udang atau Udang Goreng Lemon? Contek Resep Ini Saja

4. Adonan Tepung

Resep Udang Goreng Tepung yang Gurih Renyah Foto: Istimewa

Adonan tepung yang digunakan untuk mengolah udang goreng ada beberapa jenis. Bisa memakai tepung panir, tepung bumbu, atau tepung terigu.

Untuk lapisan tepung panir, bumbui udang yang sudah dikupas dengan sedikit garam dan merica bubuk. Kemudian celupkan dalam putih telur kocok dan balut dengan tepung panir kasar, tekan-tekan hingga lekat. Ulangi sekali lagi, diamkan sebentar lalu goreng hingga kering.

Untuk lapisan tepung terigu, kerjakan yang sama. Hanya saja ganti tepung panir dengan tepung terigu dan lapis dua kali lalu goreng kering.

Sedangkan untuk tepung bumbu, beli tepung bumbu siap pakai. Sebaiknya jangan membumbui udang lagi karena tepung bumbu sudah asin. Buat adonan tepung bumbu yang dicampur dengan air secukupnya hingga kental. Balut udang dalam tepung bumbu kering lalu celupkan dalam adonan tepung dan goreng hingga kering.

5. Saus untuk udang goreng

Resep Udang Goreng Tepung yang Gurih Renyah Foto: Istimewa

Udang goreng renyah dan garing makin enak jika disajikan dengan saus favorit. Bisa berupa mayonnaise botolan, mayonnaise pedas, saus cabai, saus asam manis atau saus lemon.

Cocolan mayonnaise pedas bisa dibuat dengan mencampur mayonnaise botolan dengan sedikit saus tomat dan saus cabai. Aduk hingga rata lalu beri sedikit air jeruk nipis atau jeruk jeruk lemon. Untuk saus lemon bisa dilihat di sini resep lengkapnya.



Simak Video "Lezatnya Olahan Ikan Kapiek Khas Pekanbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja