Masak Apa Hari Ini : Sayur Kuning Rebung dan Perkedel Ikan Renyah yang Sedap

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 25 Mar 2020 08:00 WIB
rebung dan ikan tenggiri Foto: detikFood
Jakarta -

Akhir bulan, masakan sedap tetap bisa Anda buat untuk keluarga. Seperti sayur kuning rebung yang gurih, enak dimakan dengan gurame bakar dan perkedel ikan.

Sayuran dan seafood bisa jadi pilihan enak dan murah di akhir bulan. Rebung yang sedang musim bisa diolah menjadi sayur gurih yang sedap. Kuah santan yang berbumbu kuning menambah sedap sajian ini.

Ikan air tawar, seperti gurame bisa diolah menjadi ikan bakar ala warung tenda seafood. Olesan bumbu kecap yang pedas membuat gurame jadi makin enak disantap. Apalagi saat masih hangat.

Daging ikan juga enak dibuat perkedel yang digoreng kering. Anak-anak pasti menyukai rasa gurih renyahnya. Dicocol dengan mayonnaise atau saus cabe botolan rasanya makin gurih mantap.

Hemat uang belanja di akhir bulan bukan berarti tak bisa menyajikan menu yang sedap. Beberapa pilihan resep detikfood ini bisa jadi inspirasi memasak sedap buat keluarga.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Kuning Rebung dan Perkedel Ikan Renyah yang SedapFoto: detikcom



1. Sayur Kuning Rebung

Rebung atau pucuk bambu sedang musim saat ini karenanya harganya murah. Banyak dijual dalam bentuk sudah dibersihkan dan direbus. Pilih rebung muda bagian pucuk yang bentuknya mungil dengan ujung runcing.

Rebus kembali rebung hingga benar-benar empuk. Buang bagian yang keras dan iris tipis lebar. Untuk mengurangi aroma rebung, tambahkan daun salam dalam air rebusannya. Atau rebus rebung dengan air kelapa.

Gunakan santan segar agar mendapatkan rasa yang gurih sedikit manis. Rebus rebung dengan bumbu dan santan hingga benar-benar meresap bumbunya. Resep lengkap sayur kuning rebung bisa dilihat di sini.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Kuning Rebung dan Perkedel Ikan Renyah yang SedapFoto: dok. detikFood




2. Ikan Gurame Bakar Kecap

Ikan gurame meski dagingnya tipis tetapi gurih enak rasanya. Belilah ikan gurame hidup untuk mendapatkan daging yang gurih. Minta tukang ikan mematikan gurame dan menyiangi hingga bersih. Kerat-kerat beberapa bagian gurame.

Olesi gurame dengan minyak sayur dan bumbu sebelum dibakar. Gunakan panggangan ikan dengan api kompor agar lebih praktis. Sambil dibakar, oleskan bumbu beberapa kali hingga gurame matang.

Gurame bakar kecap ini bisa disajikan dengan sambal cobek dan lalapan sayuran segar. Sebaiknya sajikan dan nikmati selagi hangat agar lebih gurih enak rasanya. Tahap pembuatannya bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Kuning Rebung dan Perkedel Ikan Renyah yang SedapFoto: iStock



3. Perkedel Ikan Renyah

Selain sayuran segar, daging ikan juga enak diolah jadi perkedel. Rasanya gurih renyah dan pasti anak-anak menyukainya. Bisa disajikan untuk lauk makan nasi atau camilan enak.

Sebaiknya gunakan ikan berdaging tebal seperti kakap, tuna, ikan dori atau tenggiri. Pastikan memakai daging ikan segar agar aromanya tidak anyir. Kalau bisa jangan memakai daging ikan beku karena setelah dilumerkan banyak mengandung air.

Setelah daging ikan dibentuk bola-bola, goreng dalam minyak panas dan banyak hingga seluruhnya kering dan berwarna kuning keemasan. Jika akan disimpan sebagai stok, dalam keadaan belum digoreng taruh bola-bola di wadah bertutup dan simpan di freezer. Berikut ini resep lengkap cara membuatnya.




Simak Video "Masak Masak: Mudah! Membuat Pizza ala Rumahan"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)