Anak-anak di India, Taruh Tusuk Gigi di Lift Untuk Cegah Virus Corona

Sonia Basoni - detikFood Senin, 23 Mar 2020 06:30 WIB
Lift Tusuk Gigi Foto: Istimewa
Jakarta -

Mengurangi penyebaran virus corona harus dilakukan terutama di tempat umum. Seperti anak-anak di India yang meletakkan tusuk gigi di setiap lift.

Fasilitas di tempat umum seperti lift disebut sebagai salah satu tempat penularan virus corona yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena banyak orang yang menyentuh tombol lift menggunakan tangan mereka.

Baca Juga: Stok Seafood Ekspor India Menumpuk Karena Virus Corona

Anak-anak di India, Taruh Tusuk Gigi di Lift Untuk Cegah Virus CoronaFoto: thinkstock

Untuk mengurangi dan mencegah penyebaran virus corona di dalam lift, anak-anak di kota Noida, India baru saja mengeluarkan terobosan terbaru yang sederhana namun cukup efektif.

Dilansir dari Storypick (22/03), murid sekolah dasar di Noida memutuskan untuk membuat papan kecil dari busa. Papan kecil itu berisi tusuk gigi yang biasanya digunakan untuk mengeluarkan sisa makanan dari sela-sela gigi.

Tapi kini tusuk gigi berfungsi untuk menekan tombol lift sehingga jari orang-orang tidak bersentuhan langsung dengan permukaan lift. Penyediaan tusuk gigi ini dilengkapi dengan wadah kecil di bawahnya sebagai tempat sampah.

Anak-anak di India, Taruh Tusuk Gigi di Lift Untuk Cegah Virus CoronaFoto: Istimewa

Jadi pengguna lift tak perlu repot-repot mencari tempat sampah untuk membuang tusuk gigi ini setelah digunakan.

Tak lupa anak-anak ini menulis instruksi penggunaan. Aksi kebaikan yang dilakukan oleh anak-anak untuk mencegah penyebaran virus corona mendapatkan banyak pujian dari netizen.

"Wow, ide yang sangat luar biasa dari generasi muda dengan inovasi cerdas," puji seorang netizen.

"Tidak ada usaha yang sia-sia. Terima kasih untuk anak-anak yang telah berkontribusi melawan virus corona. Ini merupakan bentuk kreativitas yang berguna," puji netizen lainnya.

Anak-anak di India, Taruh Tusuk Gigi di Lift Untuk Cegah Virus CoronaFoto: Istimewa

Meski begitu ada juga netizen yang menuturkan bahwa penggunaan tusuk gigi di lift justru akan menambah sampah.

"Idenya sama seperti di Korea Selatan. Tidak ramah lingkungan karena akan ada banyak tusuk gigi yang terbuang percuma. Lebih baik gunakan pulpen atau siku tangan untuk menekan tombol lift," pungkas netizen lainnya.

Hingga saat ini penyebaran virus corona di India mencapai 173. Sementara di dunia ada lebih dari 209,839 kasus di 168 negara dengan jumlah korban jiwa mencapai 8,778.

Baca Juga: Dampak Virus Corona, Harga Nangka Muda Lebih Mahal Dari Ayam



Simak Video "Tips Memilih dan Menyimpan Bahan Makanan Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)