Rasis! Pria Ini Pesan Bayi Tikus ke Pelayan Restoran dari China

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 22 Mar 2020 19:00 WIB
Pengunjung Restoran Rasis Foto: Istimewa
Jakarta -

Virus corona menyebabkan banyak orang Asia yang mendapatkan perilaku rasis di negara barat. Seperti pengunjung ini yang sengaja memesan bayi tikus kepada pelayan resto dari China.

Sebuah video berdurasi singkat tersebar di media sosial memperlihatkan seorang pria tengah mengganggu pelayan wanita di sebuah restoran. Pelayan wanita yang berasal dari China itu terlihat bingung dengan makanan yang pria itu pesan.

Baca Juga: Restoran Ini Dianggap Rasis karena Sajikan Steak Khusus Wanita

Dilansir dari Next Shark (22/03), kejadian bermula ketika video ini diunggah di Instagram dan Facebook oleh pengguna bernama SB Dennis (rico_theconnecttv).

Rasis! Pria Ini Pesan Bayi Tikus ke Pelayan Restoran dari ChinaFoto: Istimewa

Dalam video tersebut terdengar suara seorang pria yang datang ke salah satu restoran khas China di Amerika. Kemudian ia disambut oleh pelayan wanita yang juga berasal dari China kemudian dengan setengah tertawa ia memesan bayi tikus.

"Saya mau pesan bayi tikus dengan dua ekor kucing di dalamnya ya," ejek pria tersebut kepada pelayan restoran yang kebingungan. Meski pelayan wanita itu masih berlaku sopan tapi pria ini tetap mengganggunya dan terus meminta hidangan daging tikus dan kucing.

"Bagaimana bisa saya tidak pernah melihat truk pengantar daging di restoran China?," tanya pria itu yang menyindir bahwa semua restoran khas China menggunakan daging tikus dan kucing ke dalam makanan mereka.

Rasis! Pria Ini Pesan Bayi Tikus ke Pelayan Restoran dari ChinaFoto: Istimewa


Video itu kemudian diunggah dengan caption yang semakin rasis.

"#SayaTidakPerluChina #Coronavirus #CuciTangan," tulis pengguna bernama SB Dennis ini. Belum diketahui apakah Dennis merupakan orang yang sama di dalam video atau ia hanya mengunggah video milik orang lain.

Tentu saja karena video rasis ini Dennis langsung diserbu dengan kritik dan hujatan dari netizen. Apalagi video ini viral dan sudah ditonton lebih dari 100 ribu kali.

"Bisakah pihak kepolisian menginvestigasi video ini? Penyebar kebencian ini seharusnya ditangkap karena sudah mengganggu orang lain," kritik seorang netizen.

"Pria ini benar-benar jahat. Ia datang ke restoran itu hanya untuk mengganggu pelayan yang ada di sana," ungkap netizen lainnya.

Rasis! Pria Ini Pesan Bayi Tikus ke Pelayan Restoran dari ChinaFoto: Istimewa

"Orang bodoh seperti ini lah yang seharusnya terjangkit virus corona," pungkas netizen lainnya.

Hingga sampai saat ini belum ada keterangan lebih lanjut tentang nama restoran hingga identitas pelaku rasis ini sebenarnya.

Sebelumnya seorang chef asal Malaysia juga berlaku rasis terhadap pelanggan dari China. Tindakannya ini membuatnya kehilangan pekerjaan dan hujatan dari netizen.

Baca Juga: Bersikap Rasis Pada Pelanggan China, Chef Ini Dipecat



Simak Video "Kangen dengan Pecel Sayur di Pasar Baru?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)