Masak di Rumah Aja

Bikin Pizza Sendiri yang Super Praktis dan Enak

Devi Setya - detikFood Minggu, 22 Mar 2020 14:00 WIB
pizza Foto: iStock/detikFood
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja
Jakarta -

Siapa yang bisa menolak seloyang pizza dengan topping saus tomat, keju dan sosis? Mumpung di rumah, yuk bikin pizza enak yang praktis.

Pizza hangat dengan lelehan keju berlimpah memang tak pernah gagal menggoda. Kalau tak sempat membelinya di restoran, lebih baik membuat pizza sendiri. Bahan dan cara membuatnya simpel, apalagi kegiatan masak pizza ini bisa mengusir kebosanan.

1. Siapkan bahan

Bikin Pizza Sendiri yang Super Praktis dan EnakFoto: Thinkstock


Untuk membuat pizza enak tidak perlu menyiapkan terlalu banyak bahan. Kamu hanya butuh 4 bahan utama untuk membuat pizza sederhana yakni adonan dough pizza, saus, sosis dan keju.

Kalau ada stok bahan makanan lain, kamu bisa meracik pizza yang lebih istimewa. Mainkan kreatifitas untuk membuat pizza enak di rumah. Kamu bisa membuat pizza dengan topping daging cincang, paprika, bawang bombay atau dengan tambahan daging asap.

Baca juga :Mamma Mia! 25 Pizza Kekinian Ada di Sini


2. Panaskan oven

Bikin Pizza Sendiri yang Super Praktis dan EnakFoto: iStock


Sebelum mulai meracik pizza, sebaiknya panaskan oven lebih dulu. Suhu yang pas akan membuat pizza matang dengan sempurna. Atur suhu oven di angka 180-200 derajat celsius. Upayakan memanaskan oven 20 menit sebelum mulai memanggang pizza.

Jika suhu oven terlalu rendah, adonan pizza tidak akan matang sempurna. Sementara jika oven terlalu panas, pizza akan cepat gosong pada bagian luarnya namun masih mentah di dalamnya. Ketika dipanggang, pizza hanya membutuhkan waktu panggang sekitar 20-30 menit sesuai ukuran pizza.

3. Pakai dough instan

Bikin Pizza Sendiri yang Super Praktis dan EnakFoto: Istimewa


Kalau malas membuat adonan dough pizza, kamu bisa membeli dough instan. Roti pizza ini dijual di supermarket dengan berbagai ukuran jadi bisa disesuaikan dengan selera.

Dough pizza instan biasanya berupa roti beku olahan dengan bentuk agak tebal. Roti ini masih dalam keadaan mentah dan akan matang selama proses dipanggang. Kalau tidak suka pizza tebal, kamu bisa memotong roti ini menjadi dua bagian yang lebih tipis.

4. Gunakan topping yang praktis

Bikin Pizza Sendiri yang Super Praktis dan EnakFoto: Istimewa


Jangan merepotkan diri untuk menyiapkan topping pizza. Topping seperti saus tomat, beberapa irisan sosis dan keju mozarella saja sudah membuat pizza rasanya istimewa. Kamu juga bisa menggunakan tuna kalengan, jamur iris atau smoked beef sebagai topping.


Gunakan saus tomat kemasan sebagai bahan olesan pizza. Taburkan banyak keju mozarella untuk membuat pizza royal ala restoran. Pizza ala Italia juga bisa dibuat dengan menambahkan taburan Italian Spices yang terdiri dari bubuk oregano, rosemary hingga thyme.

Baca juga : Lahir di Napoli Kini Pizza Dikenal di Seluruh Penjuru Dunia


5. Nikmati hangat

Bikin Pizza Sendiri yang Super Praktis dan EnakFoto: iStock


Pizza memang cocoknya disantap hangat sebagai makanan selingan. Pizza bisa jadi kudapan yang bisa diolah jelang sore hari. Karena dibuat dengan dough roti maka pizza cukup mengganjal perut.

Membuat pizza di rumah juga bisa jadi kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama anak-anak. Kegiatan di dapur ini bisa jadi pelepas penat saat bosan menghabiskan akhir pekan di rumah.





Simak Video "Sukses dari Berbisnis Vegan Pizza"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/dvs)
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja