Netizen Ini Sebut Ekor Pecel Lele Goreng Bagian Ternikmat, Kamu Setuju?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 22 Mar 2020 13:00 WIB
pecel lele Foto: Istimewa
Jakarta -

Setelah kulit ayam yang jadi incaran semua orang, netizen ini bilang ekor pecel lele goreng juga. Ini karena ekor pecel lele goreng begitu garing, renyah, dan gurih.

Debat makanan seolah tak ada habisnya. Mulai dari kulit ayam yang konon bisa memicu 'perpecahan' saat diperebutkan hingga cara makan bubur yang unik. Baru-baru ini Eza Hazami melalui akun Twitternya, @ezash kembali bertanya pada netizen.

Pada 18 Maret 2020, ia menulis, "Debat makanan berikutnya adalah.... "Ekor pecel lele goreng" Ada yg pernah makan, terus ekor kriuknya diambil sama orang lain?" Kicauan ini disertai foto pecel lele goreng plus lalapan dan sambal yang terlihat nikmat.

Netizen Ini Sebut Ekor Pecel Lele Goreng Bagian Ternikmat, Kamu Setuju?Foto: Twitter

Netizen ramai menjawab pertanyaan Eza. Kebanyakan mengungkap pengalaman sedih mereka ketika ekor pecel lele goreng diambil orang lain. Salah satunya @la_bia00 yang bilang, "Yaampun sampe ngambek dong, tapi emg sihh buntut lele tuh niqmat bgt."

Begitu juga dengan @otakcuan yang bilang ekor pecel lele goreng membuat sang ayah marah padanya karena ia mengambil begtu saja. "Buntut lelenya aku colong tanpa rasa bersalah. Selama makan - sampe besok paginya ngga ngomong apa apa, siangnya di wa abang "papa ngambek, buntut leleny km makan. Minta maaf sono," tulisnya.

Keistimewaan ekor pecel lele goreng disebut-sebut banyak netizen seperti kulit ayam. @MelySutiani98 bilang, "Ekor kriuk adalah aset berharga setelah kulit ayam kaepsi harus dilindungi."

Netizen Ini Sebut Ekor Pecel Lele Goreng Bagian Ternikmat, Kamu Setuju?Foto: Twitter

Baca Juga: 20 Pecel Lele Sedap Mantap

Meski begitu, ada juga netizen yang tidak menganggap ekor pecel lele goreng nikmat. Ada yang hanya memilih bagian sirip atas dan dagingnya saja. Ada juga yang selalu menyisihkan ekor dan kepala lele untuk suaminya.

Pecel lele goreng memang terkenal nikmat karena teksturnya garing di luar dan lembut di dalam. Biasanya dipadukan nasi uduk, lalapan, dan sambal yang bisa bikin makan nambah.

Untuk membuat pecel lele goreng yang renyah dan gurih diperlukan trik. Seperti soal memberi bumbu dan menggorengnya. Untuk bumbu, siapkan bumbu kuning yang diracik dari bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, gula pasir, dan garam. Sebaiknya rendam lele dalam bumbu halus setidaknya 30 menit.

Netizen Ini Sebut Ekor Pecel Lele Goreng Bagian Ternikmat, Kamu Setuju?Foto: Istimewa

Lalu bagaimana untuk menggorengnya? Panaskan minyak banyak dalam wajan. Jumlah minyak harus cukup untuk merendam lele. Panaskan di atas api sedang sampai cukup panasnya.

Selanjutnya masukkan lele berikut bumbunya, pastikan lele terendam bumbu. Biarkan hingga seluruh badan lele kering, termasuk kepalanya lalu angkat dan tiriskan. Tak perlu membolak-balik lele saat menggoreng. Sajikan hangat-hangat supaya teksturnya maksimal.

Baca Juga: Cara Membumbui Lele Goreng Agar Renyah Gurih



Simak Video "Bikin Laper: Kerang Kampak Bakar Keju di Alam Sutera"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)