Resep Dalgona Coffee, Es Kopi Susu Creamy yang Hits di TikTok

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 20 Mar 2020 16:30 WIB
Dalgona Coffee Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Dalgona Coffee
Jakarta -

Resep praktis banyak bermunculan di TikTok, termasuk es kopi susu 'Dalgona Coffe' yang tengah hits. Pakai bahan sederhana, begini cara buatnya!

Dalgona coffee merupakan minuman yang sedang populer di Korea Selatan. Berupa latte manis dengan tekstur yang lebih creamy karena ditambahkan coffee foam atu busa kopi di atasnya. Dinamakan 'dalgona', karena terlihat menyerupai adonan Dalgona Toffee atau permen tradisional khas Korea Selatan.

Karena sedang hits, banyak pengguna TikTok yang membuat video resep Dalgona coffee yang praktis. Seperti yang dicontohkan akun TikTok @thatssopar. Videonya sudah disukai lebih dari 23.100 pengguna dan dibagikan lebih dari 3.000 kali.

Resep Dalgona Coffee, Es Kopi Susu Creamy yang Hits di TikTokFoto: Istimewa

Ia menggunakan kopi hitam instan, gula pasir, susu almond, dan krimer cair. Selanjutnya kopi hitam instan dimasukkan ke dalam mangkuk lalu ditambahkan gula pasir dan sedikit air panas. Setelah itu racikan kopi tersebut diaduk menggunakan sendok kocokan manual hingga berbusa dan cukup kental.

Baca Juga: Ini Dalgona, Permen Lembut Asal Korsel yang Populer Sejak 1970-an

Untuk penyajian disiapkan gelas berisi es batu, lalu susu almond serta krimer cair dituangkan ke dalamnya. Terakhir, dituangi coffee foam yang telah dibuat sebelumnya. Dalgona coffee pun telah siap untuk diminum! Menurut @thatssopar rasanya sangat lezat.

Resep Dalgona Coffee, Es Kopi Susu Creamy yang Hits di TikTokFoto: Istimewa

Kunci kenikmatan Dalgona coffee terletak pada coffee foam. Jika coffee foam tersebut diracik dengan cara yang benar maka rasa kopi akan nikmat. Penggunaan susu almond juga bisa diganti dengan susu sapi full cream.

Cara yang lebih praktis saat membuat coffee foam bisa menggunakan mikser kue. Karena mengaduk secara manual dengan tangan sedikit melelahkan. Seperti yang dipraktekan oleh akun TikTok @newt120. Ia menggunakan mikser kue agar hasilnya lebih cepat dan buih kopi mengembang bagus.

Baca Juga: 3 Langkah Racik Kopi Kekinian yang Enak



Simak Video "Bubur Ko Iyo, Setengah Abad di Pasar Lama Tangerang "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)
FOKUS BERITA Dalgona Coffee