Salut! Netizen Ajak Belikan Makanan untuk Driver Ojol yang Sepi Order

Riska Fitria - detikFood Jumat, 20 Mar 2020 13:30 WIB
driver ojol Foto: istimewa
Jakarta -

Sejak warga Indonesia mengkarantina diri di rumah, driver ojol sepi orderan. Karenanya, netizen ini serukan menolong driver ojol dengan membelikan makanan.

Hingga saat ini virus corona yang telah masuk ke Indonesia telah memakan korban sebanyak 309 orang. Hal tersebut membuat banyak warga Indonesia yang memilih untuk karantina dirinya sendiri di rumah masing-masing.

Karantina adalah tindakan pengasingan diri yang dilakukan guna mencegah masuk dan tersebarnya virus corona. Mungkin tindakan tersebut akan menghindari seseorang terpapar virus corona dari orang lain.

Salut! Netizen Ajak Belikan Makanan untuk Driver Ojol yang Sepi OrderFoto: istimewa


Namun, efeknya akan ada pihak-pihak tertentu yang merasa rugi. Seperti driver ojol kebanyakan. Setiap hari mereka selalu mengais rezeki dengan mengantarkan orang, pesan antar makanan atau barang dan lain-lain.

Kini, karena banyak orang yang memilih di rumah saja, alhasil para driver ojol pun menjadi sepi orderan. Hal tersebut juga diceritakan oleh pengguna twitter Ligwina Hananto. Melalui unggahannya di twitter, wanita tersebut menceritakan pengalaman suaminya ketika membantu driver ojol dengan membelikan makanan.

"Udah pada order makan siang buat driver ojol yang sepi order? Kita makanan bisa nyetok, siap dirumahkan, dana darurat aman, nyerok sama juga hau. Orang lain sarapan aja gak bisa. Silahkan laksanakan gaes," tulisnya pada (18/03)

Salut! Netizen Ajak Belikan Makanan untuk Driver Ojol yang Sepi OrderFoto: istimewa


Baca Juga : Cegah Virus Corona, Pesan Makanan Via Ojol dengan Cara Aman Ini


Diceritakan bahwa suaminya memesan makanan melalui ojol. Kemudian, ia mengatakan kepada driver ojol untuk memesan sesuai selera, karena makanan tersebut nantinya akan diberikan kepada driver ojol itu sendiri. Proses pembayaran pun sudah dilakukan melalui e-wallet.

Unggahannya tersebut menjadi viral di media sosial. Lebih lanjut, Liwgina Hananto juga mengajak netizen yang lain untuk berbuat kebaikan yang sama. Selain itu, kebaikan serupa juga dilakukan oleh food blogger, Hans Danials yang populer lewat akun instagramnya @earandtreats.

Melalui unggahan di instagramnya ia menceritakan saat ia memesan makanan melalui layanan ojol. Kemudian ia memberikan pesanan makanan itu untuk driver-driver ojol itu sendiri. Kebaikan ini dilakukan karena mendengar dari driver ojol bahwa mereka semenjak virus corona sepi order bahkan dalam sehari tak ada satu pun orderan yang masuk.

"Di masa karantina kayak begini ojol juga kena imbasnya, kebetulan ada kenalan ojol yang suka ngetem deket komplek rumah katanya dalam sehari bisa gak ada orderan yang masuk, ditambah banyak yang ngeliat mereka sebagai carrier virus dan beberapa perumahan dan perkantoran sekarang udah melarang mereka masuk," tulisnya pada (19/03).

Salut! Netizen Ajak Belikan Makanan untuk Driver Ojol yang Sepi OrderFoto: istimewa


Lebih lanjut, Hans mengatakan bahwa meskipun dirinya pro karantina atau lockdown, tetapi ia menyadari tidak semua orang memiliki kemewahan untuk bekerja dari rumah. Karenanya, ia juga mengajak netizen yang lain untuk membantu driver ojol seperti yang ia lakukan.

Netizen pun terinspirasi dan banyak pula yang membagikan pengalamannya ketika membantu driver ojol. Seperti yang diceritakan oleh netizen bersama Ananda Rizki.

Melalui cuitannya ia mengatakan bahwa sudah melakukan kebaikan dengan membelikan beberapa paket makanan. Netizen itu juga berpesan agar beberapa paket makanan itu dibagikan kepada sesama ojol.

Aksi kebaikan tersebut ternyata banyak menginpirasi orang lain. Kini banyak pula netizen yang membagikan pengalaman yang sama ketika membantu driver ojol dengan membelikan makanan.

Momen haru terasa, ketika driver ojol itu membagikan bukti bahwa paket makanan yang diberikan dimakan bersama-sama dengan rekan sesama ojolnya. Ada juga yang membawa pulang untuk dimakan bersama keluarga.

Baca Juga : Kocak, Driver Ojol Pesan Makanan Pakai Jasa Ojol Lainnya



Simak Video "Dear Ojol dan Pekerja Informal, Ada 50 Warteg Sediakan Makan Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)