Cegah Virus Corona, Banyak Gerai Makanan Terapkan 'Jaga Jarak'

Riska Fitria - detikFood Jumat, 20 Mar 2020 14:30 WIB
Jaga Jarak di Restoran Foto: Istimewa
Jakarta -

Pencegahan virus corona, bisa dilakukan dengan cara 'social distancing'. Tindakan itu juga mulai diberlakukan di restoran dan gerai makanan di Indonesia.

Sosial distancing adalah tindakan menjaga jarak dengan orang sekitar. Paling tidak kamu berjarak sekitar 2 meter dari orang lain. Intinya dengan menerapkan social distancing, kamu menjaga diri dengan menghindari kerumunan orang,

Di tengah wabah virus corona ini, tindakan tersebut penting untuk dilakukan karena akan mencegah penularan virus corona agar tidak semakin luas. Di Indonesia, penerapan social distancing juga mulai diberlakukan di berbagai tempat, termasuk juga restoran atau gerai makanan.

Cegah Virus Corona, Banyak Gerai Makanan Terapkan 'Jaga Jarak'Foto: Istimewa

Hal tersebut terlihat dari unggahan netizen di media sosial. Salah satunya yang diunggah oleh akun instagram @Makassar_iinfo. Dalam unggahannya pada (19/03) membagikan beberapa potret restoran yang sudah menerapkan social distancing pada pelanggannya.

Seperti yang dilakukan pada beberapa tempat makan di Kalla Group Makassar. Mulai dari area memesan hingga area makan pengunjung semuanya diberi tanda berupa garis merah untuk pelanggannya menjaga jarak satu sama lain.

Baca Juga : Cegah Virus Corona, Pesan Makanan Via Ojol dengan Cara Aman Ini

Cegah Virus Corona, Banyak Gerai Makanan Terapkan 'Jaga Jarak'Foto: Istimewa



Selain itu, meja dan kursi di area pengunjung hanya boleh ditempati dua orang saja. Posisi duduknya juga dianjurkan saling menyerong. Agar tidak saling berpapasan sehingga memberikan peluang atau kemungkinan saling tertular virus.

Hal serupa juga diberlakukan di gerai-gerai makanan dan minuman yang ada di beberapa mal di kota-kota besar di Indonesia. Seperti gerai minuman Chatime,
Starbucks dan minuman boba.

Tepat di area antrean pelanggan, di lantainya diberi garis penanda sebagai tanda jarak antara satu pelanggan dengan pelanggan lain dan juga antara pelanggan dengan pelayan di gerai tersebut.

Cegah Virus Corona, Banyak Gerai Makanan Terapkan 'Jaga Jarak'Foto: Istimewa

Beberapa potret tersebut juga memperlihatkan para pelanggan yang mematuhi aturan tersebut. Karena penyebaran virus corona di Indonesia yang terbilang masif, kini tindakan social distancing juga banyak dikampanyekan di media sosial.

Kampanye menerapkan social distancing itu dilakukan oleh para influencer, artis, selebgram untuk mengajak masyarakat kompak dalam memerangi virus corona. Apalagi hingga kini, virus corona telah memakan korban sebanyak 309 orang di Indonesia.

Aturan jaga jarak dan penataan tempat makan pertama kali dilakukan di provinsi Hunan, China. Untuk antre di gerai bubble tea pembeli harus berdiri di garis yang sudah ditetapkan. Ini terutama karena pembeli membludak setelah gerai ditutup beberapa minggu.



Simak Video "Kangen dengan Pecel Sayur di Pasar Baru?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)