Masak Apa Hari Ini : Pasta Saus Jamur dan Sup Krim Jagung ala Kafe

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 20 Mar 2020 08:30 WIB
Pasta gandum Foto: iStock
Jakarta -

Kangen makanan kafe? Ada dua varian pasta yang bersaus jamur dan brokoli yang bisa dibuat sendiri. Ditambah sup krim jagung yang lembut gurih.

Hampir setiap kafe punya sajian pasta andalan. Baik bersaus tomat, bersaus krim hingga yang ditumis dengan cabai dan bawang putih. Kalau kangen pasta, Anda bisa meracik sendiri di rumah.

Ada spaghetti dengan saus krim jamur yang enak. Irisan jamur kancing dipadukan dengan saus krim yang gurih enak. Makin mantap ditambahan taburan keju parut.

Kalau ingin yang segar bisa bikin spaghetti dengan saus brokoli. Remahan brokoli bikin tekstur pasta makin enak saat dikunyah. Apalagi diaduk dengan keju parut, makin enak rasanya.

Untuk sup yang gurih hangat, ada sup jagung yang enak rasanya. Jagung segar dipadukan dengan keju parut dan kuah yang kental. Manis-manis gurih rasanya apalagi dimakan saat hangat.

Rekomendasi resep pasta detikfood ini bisa jadi pilihan untuk sajikan pasta yang enak buat keluarga. Mana yang akan Anda buat duluan?

Masak Apa Hari Ini : Pasta Saus Jamur dan Sup Krim Jagung ala KafeFoto: detikfood



1. Creamy Mushroom Pasta

Saus jamur yang creamy lembut memang jadi jodoh pas buat pasta yang kenyal gurih. Jika tak ada jamur kancing segar bisa diganti dengan jamur kalengan. Atau jenis jamur lain seperti shitake atau jamur merang.

Rebus pasta dengan air yang banyak agar seluruh bagian pasta matang atau lunak merata. Lamanya merebus tergantung jumlah dan jenis pasta. Sebaiknya cek informasi yang ada pada kemasan pasta.

Aduklah pasta dengan sausnya saat akan disajikan. Tambahkan keju parmesan parut saat terakhir agar lebih terasa gurih dan harum. Ikuti petunjuk cara membuat pasta ini di sini.

Masak Apa Hari Ini : Pasta Saus Jamur dan Sup Krim Jagung ala KafeFoto: detikfood


2. Spaghetti Saus Brokoli

Buat yang tak suka rasa gurih, bisa memilih pasta dengan saus dan paduan sayuran. Seperti bayam dan brokoli biasa dipakai sebagai paduan pasta yang segar dan enak.

Pilihkan brokoli yang rapat kuntumnya dan warnanya hijau gelap merata. Untuk mengurangi aroma langu, brokoli bisa direbus sebentar dalam air mendidih. Ditiriskan dan direndam dalam air es agar warna hijaunya tetap cerah.

Seperti jenis sajian pasta yang lain, aduk segera pasta yang baru diangkat dari panci dengan sausnya. Sedikit air rebusan pasta akan membuat pasta lebih enak rasanya. Berikut ini resep membuat pasta saus brokoli.

Masak Apa Hari Ini : Pasta Saus Jamur dan Sup Krim Jagung ala KafeFoto: detikcom


3. Sup Krim Jagung

Selain rasanya renyah manis, jagung juga memberi asupan serat dan sejumlah vitamin. Pilih jagung manis yang sedang tuanya dan masih berkulit. Ini untuk menjaga agar rasa jagung tetap manis, tidak kering.

Untuk sup ini sebagian jagung diparut dan sebagian dibiarkan utuh. Sebaiknya parut dengan parutan biasa agar tekstur jagung tidak terlalu lumat seperti saat dihaluskan dengan blender.

Tambahkan irisan sosis atau daging asap untuk menambah lezat sup ini. Sup harus disajikan dalam keadaan hangat agar rasa gurihnya terasa kuat. Langkah pembuatan sup krim jagung manis ini bisa dilihat di sini.




Simak Video "Melahap Sandwich Isi Pasta, Dijamin Kenyang!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)