Masak Apa Hari Ini : Sup Tomat dan Ikan Goreng Saus Telur Asin yang Enak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 19 Mar 2020 08:30 WIB
sup tomat italia Foto: iStock
Jakarta -

Selain membuat variasi rasa, paduan aneka bahan bisa membuat masakan menarik. Seperti tomat yang dibuat sup atau ikan goreng dengan saus telur asin yang creamy.

Menyiapkan masakan buat keluarga bisa menyenangkan asalkan Anda kreatif mencoba menu baru. Tampilan dan jenis masakan dengan rasa baru akan menarik selera. Sup yang dibuat dari tomat dan jagung manis rasanya asam manis dan enak.

Kalau bosan dengan ikan goreng balado, cobalah buat ikan goreng dengan paduan telur asin. Menu ikan goreng gaya restoran ini bisa memikat anak-anak untuk makan ikan. Rasanya gurih renyah dan sedang jadi tren menu di restoran.

Buat lauk pelengkap sekaligus camilan, bisa dibuat siomay berisi sayuran dan digoreng. Rasanya yang gurih renyah dan padat isiannya bakal bikin keluarga ketagihan.

Rekomendasi resep-resep detikfood ini bisa jadi pilihan menu harian. Kombinasi bahan dan rasa baru bakal bikin keluarga semangat menikmatinya.

Masak Apa Hari Ini : Sup Tomat dan Ikan Goreng Saus Telur Asin yang EnakFoto: detikfood



1. Sup Tomat dan Jagung Manis

Sup yang satu ini rasanya manis segar dengan rasa renyah biji jagung dan daging asap. Pilih tomat yang tua dan warnanya merah tua merata agar rasanya tak terlalu asam. Atau bisa dipakai tomat utuh kalengan.

Selain daging asap, untuk isian bisa dipakai sosis sapi, sosis ayam atau sosis dengan rasa lada hitam dan keju. Bisa juga dipakai ayam asap atau irisan fillet ayam. Sesuaikan dengan stok yang ada di rumah.

Sebaiknya masukkan biji jagung manis terakhir dan rebus sebentar. Karena jagung manis cepat lunak. Agar saat dimakan masih terasa renyah. Untuk anak-anak ada baiknya sisir biji jagung lebih halus agar mudah dikunyah. Langkah pembuatan sup bisa di lihat di sini!

Masak Apa Hari Ini : Sup Tomat dan Ikan Goreng Saus Telur Asin yang EnakFoto: detikfood



2. Ikan Goreng Saus Telur Asin

Saus telur asin sedang jadi tren untuk dipadukan dengan berbagai jenis makanan. Dari ayam goreng hingga ikan goreng. Rasa gurih creamy kuning telur asin membuat banyak orang ketagihan.

Untuk mendapatkan fillet ikan gurame atau ikan kakap bisa meminta tukang ikan untuk memotongkannya. Potong-potong fillet ikan ini dengan ukuran sama. Setelah dibalut tepung diamkan sebentar agar melekat lapisannya baru goreng dalam minyak banyak.

Agar rasa saus gurih creamy, gunakan kuning telur asin yang masir dan matang serta sedikit berminyak. Haluskan dulu kuning telur asin agar lebih mudah menyatu dengan bahan saus dan licin teksturnya. Ikuti langkah-langkah pembuatannya di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Sup Tomat dan Ikan Goreng Saus Telur Asin yang EnakFoto: detikFood



3. Siomay Sayuran Goreng

Saat di rumah anak-anak selalu lapar. Untuk melengkapi lauk makannya siomay sayuran ini bisa jadi pilihan. Tambahan sayuran akan memberi asupan nutrisi penting. Sementara rasanya renyah gurih disukai anak-anak.

Kulit siomay bisa dibeli di pasar tradisional atau supermarket. Sedangkan untuk adonan isinya bisa ditambahkan sayuran sesuai selera. Bisa dicampur daging ikan dan udang sebagai variasi.

Taburan kuning telur rebus yang disaring memberi tambahan asupan nutrisi. Apalagi rasanya gurih creamy yang pasti disukai anak-anak. Ikuti saja cara membuatnya di resep ini.



Simak Video "Icip-icip Lumpia Kekinian, dari Spring Roll hingga Otak-otak Lumpia"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)