Cara Membuat Lumpia Sayuran yang Renyah Buat Camilan

Odilia WS - detikFood Rabu, 18 Mar 2020 14:30 WIB
lumpia sayuran Foto: iStock
Jakarta -

Lumpia sayuran yang gurih renyah ini bisa jadi camilan sore. Isiannya beragam sayuran dan enak dicelup saus cabe atau dimakan dengan cabe rawit segar.

Mumpung keluarga kumpul di rumah, pastinya anak-anak selalu lapar dan butuh camilan saat belajar di rumah. Lumpia bikinan sendiri bisa jadi alternatif camilan sehat. Sayuran bisa dipilih sesuai selera.

Sering mendapati lumpia langsung melempem setelah beberapa saat digoreng? Sebaiknya perhatikan cara membuat isian hingga cara menggorengnya. Lumpia sayuran ini juga enak disiram saus kacang. Simak cara dan tips membuatnya berikut ini.

Cara Membuat Lumpia Sayuran yang Renyah Buat CamilanFoto: iStock



1. Sayuran dan bahan lain

Untuk membuat 10 buah lumpia sayuran yang renyah perlu kamu siapkan:

10 lembar kulit lumpia segar/beku
minyak goreng
Sayuran:
100 g daun kol, iris halus
100 g wortel, iris kecil panjang
50 g tauge
10 buah buncis, iris serong tipis
2 batang daun bawang iris halus
Bumbu:
1 sdm ebi, rendam air panas hingga lunak, tumbuk halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm saus tiram
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam

Cara Membuat Lumpia Sayuran yang Renyah Buat CamilanFoto: iStock



2. Menumis Sayuran

Yang harus disiapkan pertama kali adalah sayuran tumis untuk isian. Panaskan wajan, beri 2 sdm minyak lalu tumis bawang putih hingga wangi. Tambahkan ebi dan aduk hingga wangi.

Masukkan sayuran kecuali tauge. Aduk-aduk sebentar lalu tambahkan bumbu. Aduk hingga sayuran layu. Masukkan tauge, aduk sebentar hingga layu.

Yang perlu diingat, jangan menambahkan air karena sayuran akan mengeluarkan air. Sayuran berair akan membuat lumpia gampang melempem dan tidak bisa renyah. Angkat sayuran dari api jika sudah layu tetapi jangan sampai lonyot. Sayuran harus cukup layu tetapi tidak berair.

3. Membungkus lumpia

Siapkan kulit lumpia segar atau beku. Jika memakai kulit lumpia beku, biarkan dalam suhu ruangan hingga lunak dan mudah dilepaskan lembarannya. Tutup selalu dengan serbet saat sedang mengisi lumpia agar kulit lumpia tidak kering dan mudah robek.

Ambil selembar kulit lumpia. Isi dengan 1 sendok akan penuh di salah satu ujungnya. Gulung sambil padatkan dan lipat kedua sisinya lalu rekatkan bagian ujungnya dengan air atau larutan terigu.

Cara Membuat Lumpia Sayuran yang Renyah Buat CamilanFoto: iStock



4. Menggoreng lumpia

Jika menggoreng lumpia tidak boleh pelit minyak. Tuangkan minyak banyak di dalam wajan dan panaskan dengan api sedang. Isian lumpia sudah matang karena itu proses penggorengan hanya untuk membuat kulitnya kering.

Masukkan lumpia dan goreng hingga kuning keemasan. Tidak perlu dibalik-balik karena lumpia sudah terendam minyak. Sebaiknya jangan terlalu banyak memasukkan lumpia ke dalam wajan agar bisa kering merata. Sajikan hangat dengan saus sesuai selera.



Simak Video "Icip-icip Lumpia Kekinian, dari Spring Roll hingga Otak-otak Lumpia"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)