Kenyal Gurih, Cireng Cipaganti yang Terenak dan Legendaris di Bandung

Riska Fitria - detikFood Selasa, 17 Mar 2020 08:30 WIB
cireng cipaganti di bandung Foto: dok. detikFood / Riska Fitria
Jakarta -

Cireng jadi camilan yang selalu dicari banyak orang ketika di Bandung. Ada warung cireng kaki lima yang terkenal paling enak dan legendaris.

Tak lengkap rasanya, jika berkunjung ke Bandung tanpa mencicipi kuliner khasnya. Cireng merupakan salah satu camilan khas Bandung, Jawa Barat yang sangat populer. Saking populernya bahkan cireng juga banyak tersedia di berbagai kota, seperti Jakarta misalnya.

Jika dilihat dari penampilannya, mungkin terlihat sama. Namun, untuk rasa yang autentik, kamu bisa mencicipi Cireng Cipaganti yang legendaris di Bandung. Disebut legendaris, karena warung kali lima ini sudah ada sejak tahun 1990. Menariknya, Cireng Cipaganti dikenal sebagai cireng terenak di Bandung.

Iyan dan Abah, selaku pemilik warung cireng tersebut menceritakan bahwa nama Cipaganti diambil dari nama jalan tempat di mana warungnya berada. Ia mengatakan tak mudah untuk membangun usaha kuliner hingga terkenal seperti sekarang. Mengingat semakin banyak kuliner kekinian yang terus muncul.

Kenyal Gurih, Cireng Cipaganti yang Terenak dan Legendaris di BandungFoto: dok. detikFood / Riska Fitria

"Awalnya saya cuma nitip aja di kantin-kantin sekolah dan ternyata laku banget. Sampai akhirnya saya percaya diri untuk jualan di warung sendiri. Dulu, warungnya di deket rumah. Tahun 2003 baru pindah ke jalan Cipagangti," ujar Iyan kepada detikcom (07/03/).

Baca Juga : Bikin Ngakak! Beli Cireng Jumbo yang Datang Nyaris Segede Bola Voli

Meski hanya berupa gerobak di pinggir jalan, tetapi kini Iyan memiliki 16 karyawan untuk membantunya dalam membuat cireng. Mulai dari membuat adonan, menggoreng hingga melayani pengunjung. Sebanyak 25 kilogram cireng setiap hari juga selalu habis.

Setiap hari, warungnya tak pernah sepi pengunjung. Lebih lanjut, Iyan juga menjelaskan bahwa ia sama sekali tidak memiliki resep rahasia untuk membuat cireng.

"Saya pertama kali buat cireng itu cuma lihat-lihat aja dari internet. Mungkin yang membuat beda itu karena ulenan adonannya. Kalau cireng ini kan diproduksi masih manual pakai tangan langsung. Gak pakai bahan pengawet atau pemutih. Jadi gimana ulenannya aja supaya kenyal," tutur Iyan.

Kenyal Gurih, Cireng Cipaganti yang Terenak dan Legendaris di BandungFoto: dok. detikFood / Riska Fitria

Benar saja, cireng buatan Iyen ini terasa kenyal dan gurih. Selain itu Cireng Cipaganti tersedia dalam berbagai varian rasa. Seperti rasa sambal kacang yang dibanderol dengan harga sekitar Rp. 15.000 untuk 10 pcs. Sementara untuk rasa keju, abon, sosis, kornet dibanderol seharga Rp. 22.500 per 10 pcs.

Selain cireng, di sini juga tersedia cilok yang tak kalah enak. Ciloknya berukuran besar dan diberi bumbu berupa sambal kacang. Satu cup cilok tersebut dibanderol dengan harga Rp. 5.000.

Kenyal Gurih, Cireng Cipaganti yang Terenak dan Legendaris di BandungFoto: dok. detikFood / Riska Fitria

Selain menawarkan cireng matang, Iyan juga melayani pembelian cireng mentah yang biasa sering dijadikan buah tangan dari Bandung. Cireng mentah itu juga dijual secara online. Tak tanggung-tanggung Iyea bahkan sudah pernah mengirim cireng hingga ke luar negeri.

Cireng Cipaganti
Jalan Cipaganti No.143
Pasteur, Bandung
Jam Buka : 13.00 - 21.00
Telepon : 0813-2168-1717

Baca Juga : Kenyal Gurih, Cireng Modern dengan Topping Keju Mozarella



Simak Video "Kadedemes, Sajian Jadul dari Kulit Singkong"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)