Masak Apa Hari Ini : Nasi Kuning dan Bola-bola Udang yang Gurih Enak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 16 Mar 2020 08:30 WIB
ragam nasi kuning nusantara Foto: Istimewa
Jakarta -

Saatnya masak enak buat keluarga. Pilih makanan yang kaya nutrisi untuk daya tahan tubuh. Nasi kuning yang pulen, tumis bayam yang enak bisa jadi pilihan.

'Social distancing', mengurangi kontak dengan banyak orang bisa menjadi hal yang positif. Anak-anak belajar di rumah dan orangtua juga bekerja dari rumah. Saatnya berbagi tugas dan para ibu bisa fokus mengurus menu keluarga.

Pilihlah menu yang enak dengan bahan-bahan alami. Seperti nasi kuning praktis yang memakai kunyit. Curcuma dipercaya dapat menaikkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Kalau anak-anak suka bakso, buat saja bakso ayam. Ayam yang kaya protein mudah diolah dengan rasa gurih enak. Apalagi digoreng garing dengan rasa renyah. Bisa dicocol dengan saus favorit.

Sayur bayam dan daging yang kaya zat besi bisa diolah dengan cara ditumis. Rasanya renyah gurih dan enak dimakan hangat. Apalagi membuatnya tak perlu waktu lama.

Nah, rekomendasi resep detikfood ini bisa jadi panduan memilih makanan bernutrisi buat keluarga. Mau bikin nasi kuning atau bakso ayam goreng?

Masak Apa Hari Ini : Nasi Kuning dan Bola-bola Udang yang Gurih EnakFoto: detikfood


1. Nasi Kuning Sambal Udang


Nasi kuning selalu disukai anak-anak karena rasanya yang pulen. Tak perlu repot, nasi kuning juga bisa dimasak dengan rice cooker. Bumbu kunyitnya bisa pakai kunyit bubuk yang harum dan cerah warnanya.

Gunakan beras pulen seperti beras pandan wangi atau rojolele. Rendam beras dalam larutan kunyit beberapa saat. Bisa memakai kunyit bubuk atau kunyit segar yang diparut halus.

Untuk rasa gurih gunakan santan segar yang tak terlalu kental. Tambahkan sedikit garam dan daun pandan. Untuk udang, jika tak suka pedas bisa dipakai tomat segar sebagai sambalnya. Ikuti langkah-langkah praktis ini untuk membuatnya.

Masak Apa Hari Ini : Nasi Kuning dan Bola-bola Udang yang Gurih EnakFoto: dok. detikFood


2. Daging Tumis Bayam


Selain kaya serat, bayam juga kaya akan zat besi yang mendukung produksi sel darah merah. Bayam juga disukai anak-anak. Pilih bayam yang muda dan potong-potong agar mudah dimakan anak-anak.

Daging has dalam sapi paling cocok dijadikan tumisan ini karena cepat empuk. Iris melintang serat tipis-tipis dan potong agak kecil agar mudah dikunyah anak-anak.

Masak bayam bersama daging hingga bayam lunak. Sebaiknya buat untuk sekali santap dan tidak dihangatkan kembali. Untuk membuat bayam tumis ini bisa mengikuti langkah-langkah di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Nasi Kuning dan Bola-bola Udang yang Gurih EnakFoto: 20Detik


3. Bakso Ayam Goreng


Bakso tak harus daging sapi, daging ayam juga enak dibuat bakso. Apalagi diberi bumbu dan digoreng kering. Yang paling mudah diproses dengan foodprocessor. Tetapi jika tidak ada bisa dicincang dengan pisau daging biasa.

Bentuk adonan menggunakan bantuan dua sendok makan. Atau menggunakan jempol dan jari telunjuk agar mendapatkan bola-bola yang sama besar.

Saat menggoreng minyak harus banyak dengan api sedang agar bakso matang sempurna bagian dalamnya. Jika terlalu panas minyaknya bakso ayam mudah gosong dan tidak matang bagian dalamnya. Ikuti petunjuk resep ini untuk membuatnya.




Simak Video "Sedap! Nasi Kuning Ambon dengan Suwiran Ikan Cakalang"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)