Keren! Bakery Ini Jual Roti Sourdough Berbahan Limbah Makanan

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 14 Mar 2020 18:00 WIB
roti limbah makanan di Inggris Foto: Istimewa
Jakarta -

Roti berbahan limbah makanan ini dijual sebuah toko roti (bakery) di Inggris. Mereka melakukannya sebagai upaya mengatasi limbah makanan.

Jumlah limbah makanan yang berlimpah dimanfaatkan sebuah toko roti di Inggris untuk dijadikan sajian roti yang dapat dijual. Toko roti tersebut adalah Gail's Bakery yang menjual roti sourdough sebagai menu andalan.

Gail's Bakery mengatakan kalau produk yang akan dijual dengan bahan limbah makanan ini berjumlah 25 jenis. Salah satunya Hot Bun Bacon Buttie yang disajikan dengan tambahan daging bacon lezat.

Keren! Bakery Ini Jual Roti Sourdough Berbahan Limbah MakananFoto: Istimewa

Toko roti ini ternyata sudah menjual roti berbahan limbah makanan ini sejak 2018 dan sudah tersebar di 53 lokasi di Inggris. Limbah makanan yang digunakan adalah roti yang tidak terjual kemarin, lalu roti limbah tersebut dihancurkan hingga menjadi tepung roti.

Baca Juga: 5 Komunitas Ini Kumpulkan Sampah Makanan Sisa, Ada yang Dari Indonesia

Setelah itu serpihan dari tepung roti dicampurkan ke dalam adonan untuk membuat roti sourdough baru. Roti sourdough berbahan limbah makanan ini dijual £ 4.20 yang jika dirupiahkan senilai dengan Rp 77.266.

Limbah makanan tak hanya dibuat jadi adonan roti saja tapi juga menjadi crackers renyah. Crackers tersebut terbuat dari sisa keju yang tidak dipakai atau terbuang.

Keren! Bakery Ini Jual Roti Sourdough Berbahan Limbah MakananFoto: Istimewa

Untuk kehigenisannya, tak perlu ragukan karena roti-roti yang terjual di Gail's Bakery sudah memenuhi standar. Jadi roti tetap aman untuk dikonsumsi walau dibuat dengan bahan campuran limbah makanan.

Baca Juga: Pasangan Ini Makan 'Sampah' Demi Berhemat Rp 2,9 Juta Tiap Bulan



Simak Video "Menjajal Roti Bakar Unik yang Bikin Nagih "
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)