Sandwich Kekinian

Roti John Isi Daging hingga Cokelat Pisang yang Laris di Kedai Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 13 Mar 2020 17:30 WIB
Roti john di Kedai Kaji Osing Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Sandwich Kekinian
Jakarta -

Roti john sempat jadi tren kuliner tahun 2018. Kreasi roti khas Melayu ini masih eksis hingga sekarang. Buktinya terjual ratusan porsi tiap hari di kedai ini.

Menyebut roti john, banyak orang langsung teringat roti panjang dengan isian melimpah. Roti ini merupakan masakan Melayu yang populer di Singapura selama masa kolonial Inggris. Kepopuleran roti john lalu sampai ke Malaysia dan Indonesia.

Ciri khas roti john klasik ialah berisi daging cincang. Saat dibuat, roti juga diberi lapisan telur dadar. Terakhir, tambahan sayuran hingga saus dan mayonnaise menambah kenikmatan roti john.

Roti John Isi Daging hingga Cokelat Pisang yang Laris di Kedai IniFoto: dok. detikFood


Baca Juga: Diburu di 2018, Roti Long John dengan Isian Gurih dan Manis Creamy

Penasaran dengan cita rasanya, kami menyambangi Kedai Kopi Osing di Graha Raya Bintaro. Kedai ini juga terkenal dengan sebutan Roti John Klasik. Lokasinya di Ruko Venice Arcade Blok JD 01.

detikFood melihat proses pembuatan roti john klasik. Pertama pegawai menyiapkan roti sepanjang 40 cm yang sudah dibelah dua. Ia lalu meracik telur dadar di panggangan. Setelah telur matang, roti ditempel dan ditekan hingga telur dadar menyatu sebagai lapisan roti.

Roti John Isi Daging hingga Cokelat Pisang yang Laris di Kedai IniFoto: dok. detikFood


Roti john kemudian dipanggang lagi bersama telur sampai benar-benar matang. Setelah itu ditambahkan topping daging cincang dan sayuran. "Sayurannya itu pakai irisan wortel, kol, dan bengkuang," tutur seorang pegawai.

Selain varian klasik yang rasanya gurih, Kedai Kaji Osing juga punya Roti John Manis Komplit berisi meisjes cokelat, keju, dan pisang. Cara membuatnya sama seperti roti john klasik, bahkan sama-sama menggunakan lapisan telur meski toppingnya rasanya manis.

Roti John Isi Daging hingga Cokelat Pisang yang Laris di Kedai IniFoto: dok. detikFood


Uniknya rasa roti john manis tidak aneh meski ditambahkan telur. Hanya tercecap rasa gurih ringan yang tertutupi pekatnya cokelat dan keju. Apalagi ada selipan pisang uli di tengahnya.

Seporsi roti john dibanderol mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 24.000 di sini. Tiap hari Kedai Kaji Osing bisa menjual 200 roti long john. Jumlah ini bertambah sampai 300-400 di akhir pekan. Mereka membuat roti long john sendiri di Kayugede.

Roti John Isi Daging hingga Cokelat Pisang yang Laris di Kedai IniFoto: dok. detikFood


Tekstur rotinya pas menurut kami. Tidak terlalu tebal maupun tipis untuk mengapit isian yang banyak. Rasanya pun tak terlalu berat sehingga tidak bikin eneg meski disantap banyak. Kalau tertarik mencicipi roti john klasik, Kedai Kopi Osing buka mulai pukul 4 sore sampai tengah malam.

Kalau ke sini jangan lupa juga cicipi pisang bakar dan kopi osing yang nikmat. Secangkir kopi osing harganya Rp 5.000 saja. Rasanya manis sedikit asam, paling pas disantap sebagai teman melahap roti john.

Baca Juga: Kedai Roti Bule: Yummy! Roti Long John Mozzarella yang Kekinian



Simak Video "Berburu Roti John Klasik di Kedai Kaji Osing Bintaro"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Sandwich Kekinian