Masak Apa Hari Ini : Garang Asam Iga dan Sambal Kerang yang Mengiurkan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 14 Mar 2020 08:00 WIB
olahan iga sapi Foto: detikFood
Jakarta -

Manjakan keluarga hari ini dengan masakan bercitarasa pedas segar. Ada garang asam iga dan sambal kerang yang sedap menggoda selera.

Sajian yang pedas segar bisa menambah semangat makan. Selain dimasak jadi sup, iga sapi juga enak g dimasak perlahan dengan paduan cabe dan belimbing sayur. Rasanya empuk gurih dan pedas asam.

Atau kerang dara yang kenyal gurih. Selain direbus dan ditumis juga enak dimasak dengan sambal yang pekat pedasnya. Dimasak agak lama hingga rasa pedasnya menyatu dengan daging kerang yang gurih.

Menu sederhana seperti telur dadar gaya warung tegal yang murah juga bisa jadi lauk sedap. Isiannya bisa berupa cabe rawit hijau dan daun bawang yang diiris kasar. Makin kering, makin gurih enak rasanya.

Mumpung akhir pekan, beberapa pilihan resep detikfood ini bisa jadi sajian keluarga yang sedap. Mau masak iga atau kerang?

Masak Apa Hari Ini : Garang Asam Iga dan Sambal Kerang yang MengiurkanFoto: Ari Saputra/detikcom



1. Garang Asam Iga Sapi

Iga sapi paling enak diolah berkuah karena dagingnya empuk kenyal dan gurih. Salah satunya dibuat garang asam, olahan iga sapi dengan bumbu pedas asam yang enak. Gunakan iga sapi lokal yang tak banyak lemak.

Mintalah tukang daging memotong 3-4 cm iga sapi. Jika memakai iga sapi impor, potong dulu lemak yang berlebihan. Cuci bersih iga dan rebus dalam air mendidih. Angkat iga sapi dan buang air rebusan pertama. Didihkan air, rebus kembali iga hingga mendidih beberapa saat.

Setelah diberi bumbu, termasuk kecap. Kecilkan api dan rebus terus hingga iga empuk. Tambahan tomat atau belimbing sayur selain menambah rasa asam yang segar juga berfungsi untuk mengempukkan daging. Ikuti petunjuk resep ini untuk membuatnya.

Masak Apa Hari Ini : Garang Asam Iga dan Sambal Kerang yang MengiurkanFoto: Odilia WS




2. Sambal Kerang Dara

Kerang dara merupakan salah satu jenis kerang yang enak karena tebal dagingnya. Kerang ini harus dibeli dalam keadaan hidup, tertutup rapat cangkangnya. Sikat hingga bersih lumut atau kotoran di bagian luarnya.

Rebus kerang dalam air mendidih beberapa saat hingga cangkangnya terbuka. Biarkan hingga daging kerang matang lalu angkat. Tiriskan dan cungkil daging kerangnya. Daging kerang sering dijual matang tetapi kadang dalam proses perebusan ditambahkan bahan pewarna dan lainnya.

Setelah bumbu cabe ditumis matang baru masukkan daging kerang. Aduk-aduk hingga menyerap bumbunya. Sebelum diangkat, kucuri air jeruk nipis atau limau agar lebih segar aromanya. Ikuti cara membuatnya di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Garang Asam Iga dan Sambal Kerang yang MengiurkanFoto: Instagram



3. Telur Dadar Jawa

Telur dadar selalu enak dimakan kapan saja. Bisa untuk makan siang dan enak dinikmati untuk santap malam. Cukup dikucuri kecap manis. Untuk membuat telur dadar ini bisa dipakai telur bebek atau telur ayam.

Kocok dahulu telur hingga lepasa dan berbuih halus. Tambahkan lada, garam, irisan cabe rawit hijau atau daun bawang. Goreng dengan minyak banyak agar telur dadar bisa kering dan keriting.

Untuk trik menggorengnya, gunakan wajan cekung, minyak panas dan tuangkan telur dengan mengangkat agak tinggi wadah adonan sebelum dituangkan. Ini supaya telur keriting pinggirnya. Ikuti beberapa cara ini untuk membuat telur dadar Jawa.




Simak Video "Bikin Laper: All You Can It Sabu-sabu Kuah Tomyam di Serpong"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)