Olahan Telur yang Hits

Punya telur? Yuk, Bikin Telur Dadar Keriting ala Warteg Jawa

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 04 Okt 2019 06:30 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
FOKUS BERITA Olahan Telur yang Hits
Jakarta - Kalau ada stok telur, bisa bikin telur dadar yang spesial ini. Telurnya keriting garing dengan rasa pedas gurih dan renyah. Cukup dimakan dengan nasi hangat.

Tren sajian telur yang sederhana belakangan ini bikin banyak orang suka banget telur dadar atau telur goreng. Versinya sangat banyak dan salah satu yang sejak dulu disukai adalah telur dadar keriting buatan warteg.

Seperti telur dadar buatan Warung Pojok Mbak Yuni di Yogyakarta yang selalu diantre banyak orang sejak jam 06.00 pagi. Telur dadar ini tampilannya bundar dan keriting di kelilingnya.

Kalau ingin membuat telur dadar keriting ini caranya tidak sulit. Hanya memerlukan telur ayam dan sedikit tambahan bumbu. Sebaiknya setelah diangkat dari wajan, segera disajikan atau disantap karena telur ini renyah dan gurih selagi masih panas.



Ikuti 4 langkah mudah ini untuk membuat telur dadar keriting ala warteg Jawa.

1. Untuk membuat 2 buah dadar, siapkan 4 butir telur ayam atau bebek, 1 sdm tepung beras, 2 sdm penuh daun bawang yang diiris halus, 1/2 sdt merica bubuk dan 1 sdt garam.

Jika suka rasa pedas, tambahan 10 buah cabai rawit yang diiris kasar. Tetapi jika suka manis, tambahkan 1 sdt kecap manis. Sebagai pengganti tepung beras bisa dipakai tepung bumbu siap pakai. Jika memakai tepung bumbu, jangan menambahkan garam karena sudah tepungnya sudah asin.

Punya telur? Yuk, Bikin Telur Dadar Keriting ala Warteg JawaFoto: iStock


2. Kocok telur hingga berbuih halus. Tambahkan daun bawang, tepung beras, merica dan garam. Kocok hingga benar-benar rata.

3. Panaskan minyak banyak dalam wajan besi atau aluminium yang cekung hingga panas benar. Jika ingin rasa lebih gurih bisa saja dipakai minyak jelantah bersih. Sebaiknya gunakan wajan cekung agar bentuk dadar bundar dan tebal.

Punya telur? Yuk, Bikin Telur Dadar Keriting ala Warteg JawaFoto: Pradito Rida Pertana/detikcom.


4. Tuangkan sebagian telur kocok, dengan mengangkat wadah agak tinggi agar bisa terbentuk 'renda' di keliling telur. Balikkan telur dan masak hingga kedua sisinya kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.



Simak Video "Puas Menjajal Rice Bowl Lidah Sapi yang Mengenyangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)
FOKUS BERITA Olahan Telur yang Hits